Bupati Batu Bara Sosialisasi Persiapan Puskesos

Foto : Bupati Batu Bara Zahir gelar sosialisasi Persiapan Pembentukan Pusat Kesejahteraan Sosial

Lensa Medan -

Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP gelar sosialisasi Persiapan Pembentukan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) yang di gelar di Aula Rumah Dinas Bupati Komplek PT Inalum Tanjung Gading kecamatan Sei Suka, kabupaten Batu Bara, Selasa (15/06/2021).

Pada kesempatan ini Bupati Batu Bara Ir Zahir beserta jajaran Pemerintah kabupaten (Pemkab) Batu Bara mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kementerian Sosial melalui Direktoriat Pemberdayaan Sosial perorangan keluarga dan kelembagaan masyarakat yang telah menetapkan kabupaten Batu Bara sebagai lokasi Puskesos di antara 140 kabupaten yang di tunjuk oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Menurut Bupati Zahir, dukungan kabupaten Batu Bara dalam program ini adalah mempersiapkan sarana Ruang Sekretariat Puskesos – Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) kabupaten menyediakan bus layanan SLRT, menertibkan Perbup tentang penyelenggara sistem layanan dan rujukan terpadu untuk perlindungan sosial.

“Selain melalui Puskesos yang mempunyai fungsi SLRT juga dapat mengindentifikasi keluhan dan kebutuhan masyarakat terhadap berbagai layanan sosial dan memantau penangan keluhan tersebut, sehingga dapat diselesaikan oleh pihak yang berwenang di setiap jenjang, “ ungkap Zahir.

Sementara itu, DR Joy mengatakan, bahwa Kementerian Sosial telah mengembangkan Puskesos sejak Tahun 2006.

Di katakannya, penyelenggara Puskesosdi daerah saat ini juga mengalami perubahan sebagai jawaban tantangan di era Pandemi.

“Seluruh pelayanan Puskesosdi harapkan dapat mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) untuk mencegah dan memutus rantai penularan Virus Covid-19,“ sebut DR Joy.

Di jelaskan DR Joy, penyelenggara Puskesostidak terlepas dari kemitraan dengan potensi sumber kesejahteraan sosial, baik yang ada dilingkup Pemerintah maupun non Pemerintah.

“Karena itu semua ragam dukungan untuk penyelenggara Puskesos sangat diharapkan dari setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan mitra kerja Pemerintah lainnya,“ tandas DR Joy.

Selain Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP, Sosialisasi tersebut di hadiri Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial yang di Wakili DR Joy Yakin Tampubolon MSI sebagai Widyai Swara Utama Kementerian Sosial RI, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara yang di wakili Drs Erman Sarjana Putera Zakir beserta seluruh OPD se-kabupaten Batu Bara.

Editor : Diko

Belum ada Komentar untuk "Bupati Batu Bara Sosialisasi Persiapan Puskesos"

Posting Komentar

Pj Gubernur Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Kolaborasi Bangun Sumut

Lensamedan  - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Hassanudin, bersama Forum Koodrinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) berbuka puasa...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel