Sabrina: Buatlah Program Peningkatan Daya Saing Melalui Pariwisata

Lensamedan-  Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut) R Sabrina, membuka acara Forum Perangkat Daerah Penyusun Rencana Kerja (Renja) Tahun 2022, dan Perubahan Rencana Strategis (Renstra) 2019-2023 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumut, di Hotel Le Polonia, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 14 Medan, Senin (5/4/2021).

Pada kesempatan tersebut, Sabrina mengharapkan agar Disbudpar Sumut segera merumuskan tujuan, sasaran, program dan kegiatan yang akan mampu membantu mewujudkan visi dan misi gubernur, yang dijabarkan dalam misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Yaitu misi ke lima, mewujudkan Sumut yang Bermartabat dalam lingkungan, karena ekologi yang terjaga, alamnya yang bersih dan indah, penduduknya yang ramah, berbudaya dan berperikemanusiaan dan beradab.

“Sesuai visi misi itu, buatlah program prioritas peningkatan daya saing melalui pariwisata, hasil kesepakatan dari forum ini pun dirumuskan dalam berita acara,” ujar Sabrina.

Selain itu, kata Sabrina, berbagai saran juga diharapkan dapat mempertajam dan memperkaya rancangan awal Renja 2022 dan perubahan Renstra 2019-2023, agar tidak ada lagi tumpang tindih program atau kegiatan dengan Pemerintah Pusat, maupun kabupaten/kota.

Sebelumnya, Plt Kepala Disbudpar Sumut Ria Nofida Telaumbanua mengatakan bahwa Forum Perangkat Daerah Penyusunan Renja 2022 dan Perubahan Renstra 2019-2023 merupakan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah.

“Covid-19 mengubah beberapa program kita, kita kumpul hari ini untuk mengevaluasi target yang akan kita capai dalam beberapa tahun ke depan. Untuk itu beri saran dan masukan agar dapat menguatkan semua target, khususnya di bidang kebudayaan dan pariwisata,” ujarnya.

Tim Ahli Cagar Budaya Sumut Ketut Wiradnyana memaparkan bahwa dalam pengembangan kawasan pariwisata, juga harus mendorong pelestarian cagar budaya yang ada. “Tujuan pelestarian cagar budaya adalah untuk memperkuat kepribadian bangsa, melestarikan warisan budaya dan warisan umat manusia, hingga nantinya berujung pada peningkatan kesejahteraan rakyat,” tutup Ketut. (*)

 

(Medan)

 

 

 

 

 

Belum ada Komentar untuk "Sabrina: Buatlah Program Peningkatan Daya Saing Melalui Pariwisata"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel