KSI Melaksanakan EDarLing "Kembalikan Sungai Pada Fungsinya"

Lensamedan-Khadijah Sharaswaty Indonesia (KSI) menggandeng Gerakan Peduli Sungai (GPS) Tembung, BPBD Sumut dan Tempat Kita Peduli (TKP) melaksanakan Edukasi Sadar Lingkungan (EDarLing) edisi April dengan tema "Kembalikan Sungai Pada Fungsinya" di Taman Go Green Desa Bandar Khalipah, Percut Sei Tuan, Deli Serdang (3/4/2021).

Ini adalah kegiatan EDarLing khusus pelajar yang menjadi program rutin bulanannya KSI. Para pelajar yang mengikuti kegiatan ini berasal dari para Agent of PR Lingkungan dan beberapa sekolah SD, SLTP dan SLTA, antara lain: SMPN 1 Medan, SMPN 2 Medan, SMPN 7 Medan, SMP IT Al Munadi Medan, MTs Al Washliyah Belawan dan SMAN 19. Dalam kegiatan ini, peserta belajar tentang sungai dan seluk beluknya diselingi outbound dan bermain di sungai, membuat produk Eco Print serta Ayo LiSA, Lihat Sampah Ambil!

Dewi Natadiningrat selaku founder KSI mengatakan bahwa, EDarLing sudah menjadi program rutin khusus bagi pelajar sejak tahun 2018. 

"Tujuan dan harapan dari kegiatan ini agar para siswa nantinya akan menjadi generasi masa depan yang sadar lingkungan dan menjadi sahabat bumi yang baik karena bumi butuh aksi bukan sekedar basa-basi." jelas Dewi.

Sementara, Luthfi Simanjuntak yang merupakan ketua GPS Tembung dan menjadi fasilitator sekolah sungai menyampaikan kepada peserta bahwa sungai adalah salah satu sumber kehidupan mulai dari manusia dan makhluk hidup lainnya. 

"Mari bersama-sama kita jaga kelestarian dan kebersihan sungai kita, karena ini salah satu sumber kehidupan bagi kita semua," sebut Luthfi.

Dalam kegiatan ini, peserta juga belajar tentang vetiver dan menanamnya di lokasi erosi sungai. Vetiver adalah rumput ajaib yang berfungsi sebagai pencegah terjadi erosi di pinggiran sungai maupun wilayah perbukitan atau lereng gunung. Para peserta ini adalah para pelajar pertama yang menanam vetiver di wilayah Sumatera Utara. Dalam kegiatan ini juga, para perseta diajarkan untuk pembuatan produk eco print.. 

Kegiatan EDarLing yang diikuti oleh para peserta dari pelajar tersebut disambut baik oleh Kepala Dusun desa Bandar Khalipah kecamatan Percut Sei Tuan sebagai tuan rumah. 

(Deliserdang)

Belum ada Komentar untuk "KSI Melaksanakan EDarLing "Kembalikan Sungai Pada Fungsinya""

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel