Kecamatan Medan Marelan Lakukan Aksi Cepat Tanggap Bersihkan Sampah di Sungai Badera

Lensamedan-Kurang nya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, membuat Sungai Badera kini dipenuhi oleh limbah sampah yang dibuang oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Apalagi, aliran Sungai Badera tersebut melintasi kawasan Kota Medan, yakni salah satunya Kecamatan Medan Marelan, membuat alur sungai menjadi kotor dikawasan tersebut.

Melihat hal itu, pihak Kecamatan Medan Marelan langsung bergerak cepat dan berkolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat dan unsur Muspika Kecamatan langsung melakukan aksi membersihkan kubangan sampah yang menumpuk di Sungai Badera, Minggu (4/4/2021) pagi.

Camat Medan Marelan M Yunus mengatakan bahwa pihaknya bersama warga masyarakat, Nelayan, ASNI Kota Meda, serta Forpimda Kecamatan Medan Marelan, melaksanakan pembersian sampah yang ada dikawasan jembatan Sungai Badera, yang berada di jalan Kapten Rahmad Fudin, lingkungan 13 dan 14 Kelurahan Terjun.

"Dari hasil pembersihan yang kami lakukan tadi di Sungai Badera, kami melihat bahwa sebagian besar sampah yang ditemui merupakan sampah rumah tangga," kata Yunus.

"Sebagai salah satu fokus Walikota Medan adalah melakukan normalisasi Sungai Badera, dan kami akan melakukan penataan sepanjang pinggiran Sungai Badera yang melintasi kawasan Kecamatan Medan Marelan,  seperti melakukan himbauan larangan buang sampah ke sungai, dan mengakomodir masyarakat pinggiran Sungai Badera agar membuang sampah melalui pelayanan kebersihan," sambung Yunus.

Yunus menjelaskan bahwa untuk dapat membuat Sungai Badera bebas dari sampah, maka perlunya melakukan penyadaran bagi masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, baik itu kepada warga yang tidak tinggal di bantaran sungai maupun warga yang tinggal di bantaran.

"Tidak hanya melakukan pembersihan Sungai Badera, tapi Pihak Kecamatan juga akan melaksanakan penyuluhan dan himbauan penyadaran masyarakat, supaya masyarakat tidak buang sampah sembarangan serta sadar akan bahaya sampah. Kegiatan ini akan dilakukan secara berkelanjutan, karena kalau tidak continue agak sulit masyarakat dapat sadar untuk dapat buang sampah pada tempatnya," tandas Yunus S.Stp.

Seperti diketahui, Walikota Medan Bobby Afif Nasution, telah memperogramkan untuk melakukan normalisasi Sungai Badera. Hal ini terlihat, pada Rabu (31/3) kemarin, dimana suami dari Kahiyang Ayu yang merupakan anak dari Presiden Jokowi tersebut, meninjau langsung kondisi Sungai Badera bersama BWS II. 

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Kecamatan Medan Marelan Lakukan Aksi Cepat Tanggap Bersihkan Sampah di Sungai Badera"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel