Kejar Target Medan Zero Waste 2022, Pemko Medan Didorong Mulai Siapkan Program yang Pasti Terkait Sampah

Lensamedan- Pemerintah Kota (Pemko) Medan didorong untuk menyiapkan program yang pasti termasuk juga mempersiapkan infrastruktur pendukung pengolahan sampah jika ingin target untuk bisa bebas sampah di tahun 2022 bisa tercapai. Jika tidak, maka target yang sudah dimundurkan dua tahun dari sebelumnya di tahun 2020 ini akan sulit tercapai.

Hal ini dikatakan penggiat lingkungan Kota Medan Armawati Chaniago ketika dihubungi Kamis (22/4/2021) menyikapi peringatan Hari Bumi Sedunia yang jatuh setiap tanggal 22 April.

“Jadi gak hanya punya ambisi menjadikan program persampahan sebagai skala prioritas, tapi apa turunannya. Apa yang mau dikerjakan, itu yang buat saya pesimis bisa tercapai di tahun depan, atau pun di tahun 2025 jika mengikut target nasional,” ujar Armawati Chaniago.

Selain menyiapkan program yang jelas berikut instruktur pendukung, Pemko Medan juga didorong untuk mau menghargai kontribusi komunitas yang bergerak dibidang persampahan. Karena secara undang-undang, penanganan sampah itu urusan pemerintah.

“Walau pun kecil,  yang mungkin hanya 0,0 sekian persen, tapi itu tetap kontribusi. Jadi jangan terus menerus dianggap kurang berhasil, kurang tepat. Karena komunitas itu bergerak sendiri, sehingga sudah selayaknya dihormati dan diposisikan sebagai mitra,” kata Arma, panggilan akrab perempuan yang aktif mendorong berdirinya Bank Sampah di Kota Medan.

Pada peringatan hari bumi sedunia tahun ini, Arma mengajak masyarakat Kota Medan untuk menjadikan hal ini sebagai momentum untuk mulai memberikan kontribusi terhadap bumi, sebagai balasan atas perbuatan selama ini ke bumi.

“Tak perlu hal-hal besar, bisa dimulai dari rumah kita. Dari kita mengurangi penggunaan listrik sehingga bisa menekan emisi gas rumah kaca, kemudian bertani sekitar rumah. Termasuk mengelola sampah domestik kita,” tambahnya.

Tahun ini, tema Hari Bumi Sedunia 2021 yakni "Restore Our Earth" atau Pulihkan Bumi Kita. (*)

 

(Medan) 

 

Belum ada Komentar untuk "Kejar Target Medan Zero Waste 2022, Pemko Medan Didorong Mulai Siapkan Program yang Pasti Terkait Sampah "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel