Baru Mulai, Sabun Produksi UKM JBM Sudah Miliki Pembeli

Lensamedan- UKM Jurnalis Bina Mandiri (JBM) mulai menunjukkan keseriusannya memproduksi sabun berbahan minyak atsiri dari dari daun Eucalyptus. Sabun yang diproduksi berbentuk sabun cair mau pun sabun padat.

Bahkan menurut Pendiri UKM JBM Fakhruddin Pohan, sabun yang masih dalam tahap produksi ini sudah mendapatkan pembeli.

"Alhamdulillah, sabun cair dan padat  sudah dipesan PT Toba Pulp Lestari, Tbk. Dan ini langkah awal bagi UKM Jurnalis untuk mengembangkan produksi sabun berbahan minyak atsiri Eucalyptus," kata Fakhruddin di Medan, Kamis (1/4/2021).

Menurut Fakhruddin yang akrab disapa Kocu ini, pihaknya membuka diri bagi khalayak ramai maupun corporate (perusahaan) yang ingin membeli sabun cair maupun padat yang diproduksi UKM Jurnalis Bina Mandiri.

"Kita (UKM Jurnalis) siap berkolaborasi dengan pemerintah, corporate maupun lembaga profit maupun non profit untuk bekerjasama dalam pemasaran sabun berbahan minyak atsiri Eucalyptus," katanya.

Kocu menambahkan, produksi sabun atsiri selain digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, dapat juga dijadikan souvenir untuk diberikan kepada mitra kerja dan atau steakholder sebagai cendramata atau "buahtangan".

Untuk diketahui, bahwa dari penelitian Kementerian Pertanian menyebutkan, Eucalyptus dapat menjadi anti virus corona. Fakta barunya dari ilmuan barat, minyak atsiri eucalyptus juga banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Uji potensi eucalyptus sebagai antivirus dilakukan dengan tahapan telusur ilmiah dan uji invitro. Pengujian menggunakan beberapa konsentrasi dari berbagai jenis virus seperti virus influenza dan jenis virus corona lainnya.

Sementara itu, Manager Corporate Communication PT TPL, Norma Hutajulu mengapresiasikan langkah UKM Jurnalis Bina Mandiri yang telah 'go production' produk sabun beraroma Eucalyptus.

“Sebagai bentuk apresiasi , perusahaan bakal memesan produk sabun cair maupun padat buatan UKM Jurnalis," ungkap Norma.

Tak hanya itu saja dukungan TPL terhadap UKM Jurnalis, juga dalam berbagai momen juga berpartisipasi pemberian bibit pohon Eucalyptus, untuk ditatanami sebagai upaya pencegahan pemula virus Covid-19.

"TPL siap berkolaborasi dengan UKM Jurnalis Bina Mandiri berkaitan program lingkungan. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini," tutupnya. (*)

 

 

(Medan)

 

 

 

Belum ada Komentar untuk "Baru Mulai, Sabun Produksi UKM JBM Sudah Miliki Pembeli "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel