Harga Cabe Merah Turun, Sumut Alami Deflasi 0,35 Persen di Bulan Februari

Lensamedan- Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mencatat Sumut di bulan Februari mengalami deflasi 0,35%.

Deflasi Sumut ini didorong deflasi yang terjadi di seluruh kota IHK di  Sumut. Kota Sibolga mengalami deflasi sebesar 0,68%; Pematangsiantar sebesar 0,46%; Medan sebesar 0,33%; Padangsidimpuan sebesar 0,28%; dan Gunung Sitoli sebesar 1,55%.

“Dan deflasi di Gunung Sitoli ini tertinggi di seluruh Indonesia,” ujar Kepala BPS Provinsi Sumut Syech Suhaimi, dalam paparan inflasi yang digelar secara virtual, Senin (1/3/2021).

Dikatakan Syech, untuk  Kota Medan, deflasi yang tercatat sebesar 0,33% atau terjadi penurunan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 104,55 pada Januari 2021 menjadi 104,21 pada Februari 2021 ini, terjadi karena adanya penurunan harga yang ditunjukkan, yaitu kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 1,10%; dan kelompok transportasi sebesar 0,19%. Kelompok pengeluaran yang mengalami peningkatan indeks yaitu, kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,06%; kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,34%; kelompok kesehatan sebesar 0,03%; dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,43%.

“Sementara lima kelompok lainnya tidak mengalami perubahan indeks, yaitu kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga; kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan; kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya; kelompok pendidikan; dan kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran,” kata Syech.

Ditambahkannya, jika dilihat berdasarkan komoditas, maka komoditas utama penyumbang deflasi selama Februari 2021 di Medan, antara lain cabai merah, telur ayam ras, daging ayam ras, ikan tongkol/ikan ambu-ambu, cabai rawit, ikan dencis, dan sawi hijau.

“Di sisi lain, beberapa komoditas yang mengalami peningkatan harga, antara lain apel, upah asisten rumah tangga, pir, pasta gigi, shampo, udang basah, dan wortel,” tambahnya.

Inflasi Februari 2021 menyebabkan inflasi tahun kalender gabungan 5 kota IHK di Sumatera Utara sebesar 0,09%.

Sementara untuk  inflasi tahun ke tahun gabungan 5 kota IHK di Sumatera Utara sebesar 1,35%. (*)

 

(Medan)

 

 

 

Belum ada Komentar untuk "Harga Cabe Merah Turun, Sumut Alami Deflasi 0,35 Persen di Bulan Februari"

Posting Komentar

Hingga Maret 2024, Realisasi Pembiayaan Turun Drastis Dibanding Tahun Lalu

Lensamedan – Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan, hingga akhir Maret 2024  realisasi pembiayaan terealisasi Rp104,7 triliun. Realisasi...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel