Kondisi Bayi Kembar Adam-Aris Semakin Baik, RSUP HAM Fokus Persiapkan Kemandirian Orang Tua

Lensamedan- Kondisi bayi kembar Adam dan Aris yang  sudah menjalani operasi pemisahan pada 20 Januari lalu semakin membaik. 

Sekretaris Tim Penanganan Kembar Siam RSUP H Adam Malik Medan Dr. Rizky Adriansyah, SpA(K) mengatakan, luka bekas operasi sudah cukup membaik karena sudah mengering. Dan saat ini sudah dirawat di ruang biasa di gedung paviliun RS Adam Malik. Selain itu, organ jantung dan hati yang menempel sebelum dipisah, juga tidak ada gangguan setelah dipisah. Keduanya sudah makan minum dengan baik, buang air besar dan buang air kecil  juga tidak ada gangguan.

“Dan keduanya (Adam dan Aris) juga sudah bermain ceria,” ujar Rizky ketika dihubungi lewat pesan singkat, Kamis (18/2/2021).

Rizky menyebutkan, saat ini  yang sedang mereka persiapkan adalah  mengundang pemda di tempat tinggal orang tua  bayi kembar untuk perencanaan berobat jalan di RS di sana. Termasuk menilai kemandirian kedua orang tuanya untuk pengasuhannya.

“Yang perlu dipikirkan ke depan adalah bagaimana kedua orangtua bisa mandiri dalam merawat kedua bayi setelah dipisah saat nanti sudah pulang ke rumah. Kita ingin ada perhatian dari pemerintah daerah di sana untuk berpartisipasi aktif memantau perkembangannya,” kata Rizky.

Karena menurut Rizky, tentu berbeda merawat satu bayi dengan dua bayi. Aspek tumbuh kembang dan imunisasi jangan sampai diabaikan, hanya karena tinggal di pelosok.

“Karena kalau untuk imunisasi saja harus kontrol ke RS Adam Malik, tentu menjadi biaya buat orangtua. Makanya butuh perhatian pemerintah setempat,” tutupnya. (*)
 

Belum ada Komentar untuk "Kondisi Bayi Kembar Adam-Aris Semakin Baik, RSUP HAM Fokus Persiapkan Kemandirian Orang Tua"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel