Stok Indukan Terbatas, Harga Daging Babi pun Melambung

Lensamedan- Harga daging babi yang sudah mengalami kenaikan  sejak bulan November lalu masih bertahan  hingga saat ini. Padahal sejak wabah Flu Afrika menyerang hewan ternak babi di Sumut akhir 2019 lalu, daging babi dijual dengan harga sangat murah  karena masyarakat khawatir akan adanya virus yang menular, padahal sudah dipastikan aman dikonsumsi manusia.

Ketua Tim Pemantau Harga Bahan Pokok Sumatera Utara Gunawan Benjamin mengatakan, dari pantauannya  di tingkat pedagang, banyak pedagang pengecer yang menjual daging babi dalam rentang harga Rp120  ribu hingga Rp130 ribu per kilogram (kg). Padahal sebelum Flu Afrika menyerang, harga daging babi itu dijual dikisaran Rp50 ribu atau Rp60 ribu per kg nya. Dan  untuk babi hidup,  harga jualnya sebelum flu menyerang sekitar Rp25 ribu hingga Rp35 ribuan  per kg.

“Kenaikan harga daging babi pasca Flu Afrika yang membuat banyak babi mati sebelumnya, dikarenakan stok babi potong mengalami penurunan drastic, sehingga untuk mencari indukan sangat sulit. Di lain sisi, para pedagang juga tidak mau berlama-lama untuk menahan stok karena tergiur harga yang mahal. Jadi dibutuhkan sekitar 2 tahun lagi (asumsi paling lama) stok babi baru mencukupi dan harganya bisa berbalik turun,” ujar Gunawan Benjamin, Sabtu (23/1/2021).

Gunawan mengatakan, dari pantauannya di kandang babi, juga ditemukan fakta kalau  stok di tingkat peternak juga masih bermasalah. Jumlah stok babi ada yang hanya 30% hingga 50% dari stok normal sebelum wabah menyerang.

“Ini jadi momen peternak yang dalam posisi mencari kuntungan, setelah sempat terpuruk di akhir tahun 2019 berlanjut hingga tahun pertengahan tahun 2020,” katanya.

Kenaikan harga daging babi ini sebenarnya sudah berlangsung lebih lama dibandingkan kenaikan harga daging ayam maupun sapi.

Bahkan daging babi ini terbilang mengalami kenaikan yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga daging ayam maupun sapi. Bahkan temuan dari beberapa pagelaran pesta adat di Sumut memaksa sejumlah penyelenggara menggunakan daging ayam.

“Kita  butuh indukan baru agar mampu mempercepat proses penambahan jumlah stok yang bisa mengurai akar masalah kenaikan harga itu sendiri,” pungkasnya. (*)

 

 

(Medan)

 

 

 

Belum ada Komentar untuk "Stok Indukan Terbatas, Harga Daging Babi pun Melambung"

Posting Komentar

Juara Hafiz Indonesia 2024, Bobby Nasution Hadiahkan Umroh Ibu dan Kedua Adik Gibran

LensaMedan - Ucapan selamat sekaligus ungkapan rasa bangga disampaikan Wali Kota Medan Bobby Nasution kepada Gibran Alfatih Panjaitan (8) at...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel