Sejumlah Komoditas Naik Harga, Sumut Alami Inflasi 0,75 Persen

Lensamedan- Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mencatat di bulan Desember 2020, 5 kota Indeks Harga Konsumsi (IHK) di Sumut mengalami inflasi. Inflasil tertinggi terjadi Gunung Sitoli sebesar 1,87 persen, disusul Pematangsiantar sebesar 1,47 persen, Sibolga sebesar 1,32 persen; Padangsidimpuan sebesar 1,00 persen. Sementara inflasi Kota Medan menjadi yang terendah yakni sebesar 0,65 persen.

“Dengan demikian,di bulan Desember Sumut mengalami inflasi sebesar 0,75 persen,” ujar Kepala BPS Provinsi Sumut Syech Suhaimi dalam press release bulanan melalui kanal YouTube, Senin (4/1/2021).

Syech Suhaimi mengatakan, inflasi di bulan Desember 2020 dipicu adanya peningkatan harga yang ditunjukkan sejumlah kelompok, yaitu kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 2,00 persen; kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,12 persen; kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,03 persen; kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 0,07 persen; dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,38 persen. Kelompok pengeluaran yang mengalami penurunan indeks yaitu, kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,05 persen; kelompok kesehatan sebesar 0,03 persen; dan kelompok transportasi sebesar 0,19 persen.

“Sedangkan tiga kelompok lainnya tidak mengalami perubahan indeks, yaitu kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan; kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya; dan kelompok pendidikan,” sebut Syech.

Khusus untuk Kota Medan lanjutnya, inflasi dipicu kenaikan harga sejumlah komoditas seperti cabai merah, cabai rawit, telur ayam ras, ikan dencis, minyak goreng, parfum, dan ikan tongkol/ikan ambu-ambu.

“Sementara  komoditas yang mengalami penurunan harga, antara lain emas perhiasan, bawang merah, cabai hijau, tarif kendaraan roda 2 online, tarif kendaraan roda 4 online, pisang, dan air kemasan,” terangnya.

BPS Provinsi Sumut mencatat, inflasi tahun ke tahun atau Desember 2020 terhadap Desember 2019  tercatat sebesar 1,96 persen. Capaian ini dibawah target yang ditetapkan di angka 3,5 +/- 1 persen. 


(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Sejumlah Komoditas Naik Harga, Sumut Alami Inflasi 0,75 Persen "

Posting Komentar

Jerman Ingin Perkuat Kerjasama Lingkungan dan Kebersihan dengan Pemko Medan

LensaMedan - Sejumlah hal yang memungkinkan untuk dikerjasamakan antara Pemko Medan dan Pemerintah Jerman, terutama masalah lingkungan dan k...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel