Rayakan Ulang Tahun Megawati Sukarnoputri, PDI Perjuangan Sumut Gelar Penanaman Pohon Serentak

Lensamedan-  Rangkaian pagelaran HUT ke -48 PDI Perjuangan yang jatuh pada 10 Januari kemarin terus bergulir. Kali ini, perayaan tersebut juga bertepatan dengan hari kelahiran Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Sukarnoputri.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Sumatera Utara (Sumut), Djarot Saiful Hidayat menjelaskan, hari istimewa yang jatuh pada hari ini dirayakan dengan penanaman pohon kembali secara serentak seluruh Indonesia.

"Untuk Provinsi Sumut akan ditanam sebanyak 74 ribu bibit pohon yang disediakan seluruh unsur partai beserta simpatisan, relawan dan masyarakat, " ujar Djarot seusai penanaman pohon, di bantaran Sungai Sei Wampu, Desa Stungkit, Langkat, Sabtu (23/1/2021).

Penanaman ini menurut Djariot  melibatkan seluruh elemen partai, mulai dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC), Pimpinan Anak Cabang (PAC) hingga anak ranting serentak di 33 kabupaten dan kota.

“kegiatan penanaman ini sekaligus kado kepada Ibu Ketua Umum yang  berulang tahun ke 74 hari ini,” jelasnya.

Dikatakannya,  rangkaian acara tetap memakai standar protokol kesehatan dan memakai batas maksimal peserta. Dan kegiatan serupa juga dilakukan seluruh elemen partai mulai dari provinsi hingga desa, pada seantero Indonesia.

“Ini termasuk dalam rangkaian pagelaran HUT PDI Perjuangan yang digelar mulai 10 Januari lalu hingga 31 Mei mendatang,” katanya.

Sebelumnya, PDI Perjuangan dalam skala nasional telah mencetak berbagai rekor MURI tatkala merayakan hari jadinya, dua minggu lalu.

"PDI Perjuangan meraih rekor MURI dalam tiga kategori, yakni pembagian tumpeng terbanyak, prosesi HUT dengan peserta daring terbanyak dan juga penanaman pohon terbanyak," tambahnya.

Lebih lanjut, Djarot yang saat ini juga duduk sebagai anggota DPR RI menjelaskan, ada alasan tertentu kenapa perayaan ulang tahun kali ini fokus pada penanaman pohon  terutama di bantaran sungai. Hal ini dikarenakan bencana yang terjadi akhir-akhir ini di sebagian wilayah Indonesia, seperti banjir bandang dan tanah longsor, disinyalir disebabkan oleh air.

"Air merupakan sumber kehidupan, namun bila kita abai terhadap lingkungan, maka dapat menjadi sumber bencana. Dan Ibu Megawati Sukarnoputri selalu mengingatkan agar mencintai lingkungan," tambahnya.

Hal ini menurut Djarot membuktikan PDIP  berkomitmen untuk senantiasa mengawal kelestarian lingkungan.

“Penanaman pohon ini juga demi keberlangsungan anak cucu kita ke depan nanti," tambahnya lagi.  

Secara terpisah, Sekretaris DPD PDIP Sumut, Soetarto juga membenarkan aksi penanaman pohon yang mereka lakukan merupakan  bukti komitmen partai terhadap lingkungan sekaligus hadiah spesial untuk Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Sukarnoputri.

Soetarto yang bertugas menanam pohon di kawasan Kota Medan tepatnya bantaran Sungai Deli, Kecamatan Medan Maimun bersama DPC, PAC dan ranting  memastikan seluruh fungsionaris DPD dan anggota fraksi juga melakukan hal serupa di seluruh kawan Sumut, yang setelah itu akan dilakukan pemberian hadiah kepada pencinta dan aktivis lingkungan.

"Selanjutnya juga diadakan lomba menulis artikel cinta lingkungan, diskusi dan Webinar Lingkungan Hidup," katanya.

Tak hanya itu, menurut Soetarto hingga Mei nanti, partai berlambang moncong putih itu akan secara berkala mengadakan kegiatan bakti sosial, diskusi, seminar dan dialog berbagai topik.

"Baik lingkungan, sosial, budaya, kemahasiswaan dan lainnya," kata Soetarto.

Selain ikut menanam pohon di pinggir Sungai Wampu Desa Situngkit, Kecamatan Sei Wampu, Kabupaten  Langkat, Djarot Saiful Hidayat  juga ikut menanam pohon di pinggir Sungai Mencirim, Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai. (*)



(Langkat)

 

 

 

Belum ada Komentar untuk "Rayakan Ulang Tahun Megawati Sukarnoputri, PDI Perjuangan Sumut Gelar Penanaman Pohon Serentak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel