Laksanakan Vaksinasi Covid-19 Perdana, 48 Nakes RSUP HAM Divaksin

Lensamedan- Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 perdana bagi para tenaga kesehatan di rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan ini, Selasa (19/1/2021).

Pelaksanaan vaksinasi ini digelar di Gedung Paviliun, dan dibuka langsung oleh Direktur Utama RSUP HAM dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP(K).

Dalam kata sambutannya, dr Zainal berharap program vaksinasi di RSUP HAM ini bisa berjalan lancar dan maksimal.

“Kita selalu berhadapan dengan pasien yang kita tidak tahu apakah dia (terjangkit) Covid-19 atau tidak. Jadi harapan saya, (vaksinasi) ini bisa maksimal, kalau bisa 100 persen, terutama yang memang harus mendapatkan vaksin,” ujar dr Zainal.

Ketua Tim Vaksinasi Covid-19 RSUP HAM dr Zuhrial Zubir SpPD K-AI menyampaikan jumlah penerima vaksin pada hari pertama ini sebanyak 48 orang.

“Untuk hari ini yang sudah terdaftar ada 52 orang, tetapi yang terlaksana nantinya ada 48 orang. Empat orang tidak bisa dilakukan vaksinasi; ada dua orang yang terkonfirmasi Covid-19, satu orang menunggu swab positif atau bukan, kemudian satu orang lagi berhalangan hadir,” jelasnya.

Sementara itu, dr Johannes Harlan Saing SpA(K) menjadi tenaga kesehatan pertama yang menerima vaksinasi Covid-19 di RSUP HAM. Setelah melalui sejumlah pemeriksaan dan edukasi dari petugas vaksin, dokter spesialis anak tersebut disuntik vaksin Covid-19 dengan disaksikan langsung oleh jajaran direksi RSUP HAM. Setelah divaksin dan menjalani observasi selama 30 menit, dr Johannes mengaku tidak merasakan efek samping apapun.

“Harapan saya tentu (kondisi) ini berlanjut setelah 14 hari dilakukan, dan setelah itu saya mengharapkan efektivitas vaksin ini terjadi pada saya dan pada kita semua yang divaksinasi, sehingga bisa menjadi salah satu upaya untuk penanggulangan Covid-19 pada masa pandemi ini. Tapi, kita juga jangan sampai mengabaikan protokol kesehatan,” ungkap dr Johannes pula saat ditemui setelah menerima vaksinasi.

Secara total, ada sebanyak 1.719 tenaga kesehatan di RSUP HAM yang akan mendapatkan vaksinasi Covid-19 pada tahap pertama. Rumah sakit terakreditasi Joint Commission International ini sendiri sudah menerima vaksin sebanyak 2.311 vial yang didistribusikan melalui Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara. Stok vaksin ini juga digunakan untuk sekitar 300-an tenaga kesehatan dari fasilitas pelayanan kesehatan lainnya di Kota Medan yang akan mendapatkan vaksin di RSUP HAM. (*)

 

(Medan)

 

 

 

 

Belum ada Komentar untuk "Laksanakan Vaksinasi Covid-19 Perdana, 48 Nakes RSUP HAM Divaksin"

Posting Komentar

Bersama Mahasiswa Magang, Lapas Medan Tingkatkan Program Rehabilitas Sosial Bagi WBP

LensaMedan - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medan terus berupaya meningkatkan program rehabilitasi di Lapas Kelas I Medan. Kali ini,...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel