Galang Bantuan untuk Korban Bencana, ACT Bersama MRI Turun ke Jalan

Lensamedan- Bencana alam yang terus melanda Indonesia sejak awal tahun menggugah puluhan relawan yang tergabung dalam Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) untuk mengumpulkan sumbangan dari masyarakat di beberapa wilayah, seperti  Medan, Binjai, Deliserdang, Langkat, Serdang Bedagai, Tebingtinggi, Asahan, Batubara, Tapsel, Padangsidimpan, dan berbagai daerah lainnya . Untuk di Kota Medan, di sejumlah persimpangan jalan, tampak relawan dari berbagai komunitas dan mahasiswa bermodalkan kotak kardus berdiri di pinggir jalan dan sesekali menghampiri kendaraan yang berhenti.  

Ketua Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Utara (Sumut) Yessi Oktaviana mengatakan, bencana alam besar yang melanda Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan membutuhkan uluran tangan dari masyarakat Indonesia termasuk Sumut.

“Ini gerakan kita bersama untuk membantu saudara-saudara kita yang tertimpa bencana. Kita buka posko Lumbung Peduli sebanyak-banyaknya se Sumut, bahkan sampai ke kecamatan-kecamatan, bisa di masjid-masjid, di perkantoran, kampus, bahkan di rumah-rumah untuk dijadikan posko pengumpulan bantuan logistik,” ujar  Yessi Oktaviana dalam keterangan tertulis, Jumat (21/1/2021).

Sebagaimana diketahui, bahwa dibeberapa daerah sedang dilanda bencana, sebt saja ada Erpsi Gunung Semer di Jatim, Longsong di Sumedang, Banjir di Bogor, dan yang paling memusatkan perhatian adalah banjir di Kalimantan selatan yang hingga 70% wilayahnya tergenang air yang sudah memasuki 2 pekan ini, selain itu yang membuat kita miris adalah Gempa Bumi M 4,3 di Sulawesi Barat yang menewaskan 91 jiwa dan 3 orang hilang.

Tentu saja setiap bencana akan memiliki dampak psikis dan material, hal ini lah yang menginisiasi Aksi Cepat Tanggap untuk menggerakkan jiwa kedermawanan masyarakat Indonesia dengan menggelorakan semangat kedermawanan melai Gerakan “Bergerak Bersama Selamatkan Bangsa”.

ACT Sumut mengajak seluruh elemen masyarakat terkhusus di Sumut utk bergerak bersama dalam gerakan 'Sumut Bergerak Bersama Selamatkan Bangsa' dengan pengiriman kapal kemanusiaan ke Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan

Nantinya bantan logistik ini, baik berupa paket Logistik, beras, sembako lainnya, juga obat-obatan, selimut bahkan tenda sekalipun akan dikrimkan ke Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat dengan menggunakan kapal yang diberi nama Kapal kemanusiaan.

Kapal kemanusiaan dari Belawan Medan ini bukan pertama kali, sebelumnya sudah dilayarkan ke Afrika, Suriah dan Palu.

“Kapal kemanusiaan ini bukan hanya sekedar membawa bantuan kemanusiaan, tetapi lebih kepada energi gerakan kepedulian para Sahabat Dermawan khususnya masyarakat Sumut untuk membersamai dan membahagiakan saudara-saudara yang membutuhkan,” tutup Yessi. (*)

 

 

(Medan)

 

Belum ada Komentar untuk "Galang Bantuan untuk Korban Bencana, ACT Bersama MRI Turun ke Jalan "

Posting Komentar

Buntut Perang Iran–Israel, IHSG dan Rupiah Anjlok di Awal Perdagangan

Lensamedan - Seiring dengan aksi balasan Iran ke Israel, sejumlah bursa di Asia pada perdagangan pagi ini ditransaksikan di zona merah.  Pel...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel