Bertambah 35.244 SID, Sumut Miliki 85.267 SID di Tahun 2020

Lensamedan- PT Kustodian Sentra Efek Indonesia (KSEI) mencatat, di sepanjang tahun 2020, ada penambahan 35. 244 Single Investor Identification (SID). Ini menunjukkan kemauan masyarakat Sumatera Utara (Sumut) berinvestasi di pasar keuangan terutama pasar saham semakin tinggi. 

Kepala Kantor PT Bursa Efek Indonesia (BEI)  Perwakilan Sumut Pintor Nasution mengatakan, peningkatan tertinggi terjadi di bulan Desember yang mencapai 8.770 SID. 

“Sementara peningkatan tertinggi kedua itu terjadi di bulan November yang tercatat sebanyak 6.791 SID,” ujar Pintor Nasution, Rabu (13/1/2021). 

Pintor mengatakan, peningkatan jumlah investor baru memang terjadi setiap bulan, termasuk di bulan Maret ketika pandemi Covid-19 mulai berlangsung dan mengakibatkan pasar saham terkoreksi sangat dalam. Dan puncak peningkatan terjadi pada 3 bulan terakhir. 

“Tetapi bisa dibilang 3 bulan terakhir ini, banyak investor melihar dari perkembangan pertumbuhan ekonomi yang mulai membaik ditambah perkembangan vaksin Covid yang dinilai pelan-pelan memberikan harapan baru untuk masyarakat bisa kembali ke kehidupan normal kembali,” kata Pintor. 

Dikatakannya, dengan capaian ini, pihaknya tetap optimis di tahun ini pertumbuhan investor baru tetap sebaik capaian di tahun lalu dan bahkan meningkat, meski upaya edukasi yang mereka lakukan masih harus bersifat daring sampai benar-benar vaksin diberikan ke masyarakat. 

“Dan nanti begitu sudah aman kata pemerintah, baru kami bisa jalan edukasi ke daerah-daerah kembali,” katanya lagi. 

Selain itu lanjutnya, kehadiran media sosial yang mengarahkan masyarakat untuk berinvestasi yang benar di pasar modal dan tidak lagi tergiur investasi bodong juga membantu. 

“Termasuk peran dan dukungan besar dari teman-teman jurnalis yang senantiasa membantu kami memberikan informasi dan edukasi terkait pasar saham,” lanjutnya. 

Secara keseluruhan, hingga akhir tahun 2020, jumlah investor di Sumut tercatat sebanyak 85.267 SID dengan 111.853 Sub Rekening Efek (SRE). Para investor ini tercatat melakukan 2.938.641 frekuensi jual-beli dengan nilai transaksi mencapai Rp30.571.623.385.706. 



(Medan) 

 

Belum ada Komentar untuk "Bertambah 35.244 SID, Sumut Miliki 85.267 SID di Tahun 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel