Per November, Laba PT Bank Sumut Capai Rp483,7 Miliar

Lensamedan- PT Bank Sumut  masih mampu mencatatkan kinerja yang cukup menggembirakan di tahun 2020 meski 9 bulan dilalui dalam suasana pandemi.

Direktur Operasional Bank Sumut Rahmat Fadilah Pohan mengatakan, kinerja yang menggembirakan ini tergambar dari perolehan laba setelah pajak yang tercatat sebesar Rp483,744 miliar di bulan November.

"Capaian ini sudah melebihi rencana pertumbuhan pada November 2020, 101,37 persen, walau masih belum mendekati target hingga akhir tahun yang ditetapkan di angka 537,216 miliar," ujar Rahmat Fadilah  di acara Media Gathering Insan Pers dan Bank Sumut, yang digelar di Cambridge Hotel, Selasa (22/12/2020).

Dikatakan Rahmat Fadilah, pencapaian laba itu didorong oleh realisasi kredit pada November 2020 yang mencapai Rp23,56 triliun atau sebesar 96,09 persen dari rencana. Penyaluran kredit tersebut ditopang dengan penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK)  yang melonjak hingga mencapai Rp31,77 triliun atau mencapai 118 persen dari rencana.

Sedangkan total aset tumbuh sebesar Rp38,09 triliun atau mencapai 114,83 persen dari rencana yang hingga bulan Desember yang ditargetkan sebesar Rp32.782,045.

Sementara dari sisi rasio keuangan, Non Performing Loan (NPL) pada bulan November mencapai 3,83 persen.

"Capaian NPL ini masih lebih baik dibandingkan November 2019 yang menyentuh level 4,54 persen," katanya didampingi Direktur Kepatuhan Eksir dan Komisaris Non Independen Syahruddin Siregar.

Rahmat menjelaskan, di masa pandemi, Bank Sumut juga ikut ambil bagian dalam program restrukturisasi kredit. Hingga triwulan ketiga, jumlah kredit yang telah direstrukturisasi mencapai sekitar Rp1,8 triliun.

“Bank Sumut juga ikut terlibat dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui peningkatan penyaluran kredit ke UMKM yang terdampak Covid-19 sebagai stimulus untuk menggerakkan perekonomian dengan melakukan ekspansi Kredit Usaha Rakyat (KUR). Per tanggal 8 Desember lalu,  Bank Sumut telah mencairkan dana PEN sebesar Rp832,8 miliar dari total Rp1 triliun," jelasnya.

Media Gathering yang berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan itu juga dihadiri Sekretaris Perusahaan PT Bank Sumut Syahdan Ridwan Siregar, Ketua PWI Sumut, Ketua AJI Sumut dan jurnalis yang biasa meliput di Bank Sumut. (Red)

 

 

(Medan)

 

 

 

 

 

 

Belum ada Komentar untuk "Per November, Laba PT Bank Sumut Capai Rp483,7 Miliar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel