Bencana Marak Terjadi, ACT Gelar Apel Kesiapsiagaan

Lensamedan- Akhir tahun yang  diwarnai  hujan dengan intensitas yang tinggi dan kadang diikuti angin kencang kerap mendatangkan bencana. Karena itu, sebanyak 30 relawan berkumpul di Taman Cadika Medan Johor, Rabu (16/12/2020). 

Para relawan yang berasal dari  beberapa koordinator relawan ini mengikuti apel yang mengusung tema Siap Siaga dalam Menghadapi Potensi Bencana.

Staf Program Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Utara (Sumut) Sakti Wibowo yang bertindak sebagai pembina apel mengatakan, selama musim pancaroba yang sangat ekstirm, bencana tidak dapat diprediksi.

Apalagi wilayah Indonesia terletak di garis cincin api yang merupakan zona yang berpotensi menghadapi bencana alam. 

"Karena itu  kami mencoba memberikan edukasi kepada relawan, dan gerakan kerelawan untuk siap siaga bencana. Sebagai relawan siaga bencana yang memahami bagaimana menangani bencana, harus mengedukasi masyarakat agar mereka faham bagaimana cara menyelamatkan diri," ujar Sakti Wibowo.

Selain itu kata Sakti, relawan juga harus bisa mengedukasi masyarakat agar faham sehingga bisa menyelamatkan diri sendiri dan membantu menolong orang lain. 

"80% ketika bencana itu terjadi yang berhasil menyelamatkan diri adalah orang-orang yang tahu bagaimana menyelamatkan diri sendiri. Hal ini sangat bermanfaat kedepannya demi meminimalisir jumlah korban saat bencana," kata Sakti.

Setelah apel Kesiapsiagaan usai, relawan pun melanjutkan kegiatan dengan simulasi kesiapsiagaan. Di simulasi ini juga relawan diberikan edukasi mengenal perlengkapan water rescue dan bagaimana cara menggunakannya. Setelah itu, kegiatan ditutup dengan mitigasi bencana materi penyelamatan dalam air (water rescue) di danau buatan Taman Cadika Medan. (Ril)
 

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Bencana Marak Terjadi, ACT Gelar Apel Kesiapsiagaan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel