Kali Kedua, USU Wisuda  3.325 Orang secara Daring

Lensamedan- Universitas Sumatera Utara (USU) untuk kedua kalinya menggelar upacara wisuda secara daring. Pada Periode IV Tahun Akademik 2019/2020 ini jumlah wisudawan/ti sebanyak 3.325 orang yang telah menyelesaikan studinya mulai dari Juli hingga September 2020.

Rektor USU Profesor Runtung Sitepu menyebutkan, dengan wisuda yang digelar secara daring pada 10 November lalu, maka secara keseluruhan hingga saat ini, USU sudah menghasilkan 222.386 sarjana.

"Ini sarjana yang kita hasilkan selama USU berdiri sejak 68 tahun yang lalu," sebut Profesor Runtung dalam keterangan tertulis, Senin (16/11/2020).

Dikatakan Profesor Runtung, dari 3.325 yang diwisuda pada periode IV Tahun Akademik 2019/2020,  terdapat beberapa wisudawan yang memperoleh predikat cumlaude. Bahkan satu wisudawan berhasil lulus dengan IPK 4,00.

"Wisudawan tersebut atas nama Agung Wahyudhi Atmanegara untuk Program Magister dari Program Studi Akuntansi," kata Rektor.

Dalam kesempatan wisuda tersebut, Prof Runtung juga memaparkan prestasi yang sudah ditorehkan USU, diantaranya USU dalam perjalanannya mewujudkan visi-misi USU sebagaimana tertuang dalam Renstra USU 2015-2019, didukung oleh kerja keras dan kerja sama seluruh civitas akademika USU, pada bulan Februari 2018 telah berhasil mewujudkan impiannya dalam meraih akreditasi A (unggul). Dan semakin lengkap dengan keberhasilan USU  masuk dalam peringkat 13 di Klaster I Pemeringkatan Perguruan Tinggi Non Vokasi yang dilakukan oleh Kementerian Ristek Dikti pada bulan Agustus 2019. 

"Pencapaian ini berhasil dipertahankan USU pada Agustus 2020 yang lalu, dengan tetap menduduki peringkat ke-13," kata Prof Runtung.

Di samping itu lanjut Rektor, kinerja di bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat juga mengalami peningkatan yang luar biasa. Di bidang penelitian, pada tahun 2019 lalu, Lembaga Penelitian USU berhasil memperbaiki peringkatnya dari peringkat 51 pada tiga tahun sebelumnya menjadi peringkat 15, dan mendapat predikat Lembaga Penelitian Mandiri. Dan pada tahun 2020 ini Lembaga Penelitian Universitas Sumatera Utara juga berhasil melompat ke peringkat 5 dan mempertahankan predikat Lembaga Penelitian Mandiri.  

"Lonjakan besar juga diraih oleh Lembaga Pengabdian Masyarakat USU pada 2019, yang memperbaiki peringkatnya dari posisi 52 menjadi peringkat 7, yang berarti naik 45 peringkat," ujarnya.

Dijelaskannya, dari sisi mahasiswa, prestasi yang ditorehkan juga sangat menggembirakan. Di tingkat internasional, mahasiswa USU telah berhasil meraih 26 medali emas. Sementara di tingkat nasional meraih 91 medali emas. Pada tahun 2020, hingga bulan Oktober, perolehan medali emas atau juara 1 yang didapatkan oleh mahasiswa USU sebanyak 13 medali, sedangkan di tingkat internasional meraih juara 1 pada 2 perlombaan. 

"Penurunan prestasi ini merupakan dampak dari sedikitnya perlombaan yang digelar dan diikuti USU karena terkait situasi pandemi Covid-19 yang belum juga mereda," jelasnya.

Rektor mengakui, semua prestasi dan capaian USU ini merupakan hasil kerja keras dan dukungan dari seluruh unsur sivitas akademika, dosen dan mahasiswa, serta tenaga kependidikan USU. Tidak terlepas pula dari dukungan pendanaan yang diberikan Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kemenristek-BRIN, serta Kementerian lain yang terkait, Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Utara serta Dunia Usaha baik BUMN maupun swasta. 

"Untuk itu, kami dari unsur pimpinan Universitas Sumatera Utara mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya," pungkasnya. (Red)


(Medan)
 

Belum ada Komentar untuk "Kali Kedua, USU Wisuda  3.325 Orang secara Daring"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel