UKM JBM Canangkan Penanaman Bibit Euchalyptus di Lokasi TMMD 

Lensamedan- Pengelola UKM Jurnalis Bina Mandiri (JBM) Medan meninjau lokasi pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD)  di Kecamatan Medan Marelan, Selasa (20/10/2020). 

Peninjauan  lokasi TMMD itu  juga terkait dengan rencana penanaman bibit euchalyptus dan penyerahan 100 botol hand sanitizer berbahan baku minyak atsiri yang diolah dari pohon eucalyptus oleh UKM JBM bekerja sama dengan Kodim 0201/BS.

Rencananya, penyerahan bibit euchalyptus dan 100 botol hand sanitizer beraroma minyak atsiri dari pohon eucalyptus  akan dilakukan secara resmi pada penutupan TMMD Kodim 0201/BS, Rabu (21/10/2020) bertempat di Gedung Marelan Hall Pasar 4 Barat Kelurahan Rengas Pulau Kecamatan Medan Marelan.

"Penyerahannya kepada Kodim 0201/BS dilakukan secara simbolis pada acara penutupan TMMD Kodim 0201/BS. Usai penutupan, dilakukan penanaman di lokasi TMMD 109 Tahun 2020, mudah-mudahan apa yang dilakukan UKM Jurnalis Bina Mandiri dalam kaitan TMMD 109 ini bermanfaat bagi masyarakat khususnya bagi warga sekitar TMMD, " ujar  Fakhruddin didampingi Dedy Armaya.

Kocu panggilan akrabnya  menjelaskan, hand sanitizer dan bibit Eucalyptus merupakan hasil kerja sama PT TPL dengan pusat kajian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Universitas Sumatera Utara (Iptek USU). Euchalyptus memiliki kandungan senyawa aktif 1,8- cineole (eucalyptol) yang mampu menekan pertumbuhan berbagai jenis virus, termasuk Covid-19 dalam skala 80-100 persen. 

"Ini potensi besar bernilai ekonomis dan kesehatan untuk dikembangkan," jelasnya.

Sebelumnya, peneliti pusat kajian Iptek USU Muhammad Taufik mengatakan, penelitian minyak atsiri dari pohon eucalyptus sudah lama dilakukan. Mulai akar, batang, daun hingga gulma yang hidup di sekitar tanaman. 

Kata Muhammad Taufik, ada sekitar 17 senyawa bermanfaat yang terkandung di dalamnya, salah satunya digunakan untuk pembuatan hand sanitizer beraroma Eucalyptus. Hand sanitizer ini sudah diproduksi secara terbatas dan resmi diluncurkan. 

"Produk ini aman digunakan, seluruh bahannya diambil dari proses ekstraksi bahan baku yang alami," pungkasnya. (Rel)
 

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "UKM JBM Canangkan Penanaman Bibit Euchalyptus di Lokasi TMMD  "

Posting Komentar

Forwakum Sumut Jenguk Ketua Pewarta Polrestabes Medan

LensaMedan - Sebagai bentuk solidaritas sesama rekan jurnalis, Forum Wartawan Hukum (Forwakum) Sumatera Utara (Sumut) menjenguk Ketua Pewart...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel