Usai Dinyatakan Sembuh, Ajudan Wagub Terindikasi Kembali Terpapar Covid-19

Lensamedan- Ajudan Wakil Gubernur Musa Rajekshah, Ory Kurniawan diduga kembali terpapar Covid-19, setelah sempat dinyatakan sembuh penyakit virus corona dari RSUPH Adam Malik, Kota Medan.

Setelah menjalani perawatan di RSUPH Adam Malik, Kota Medan dan dinyatakan sembuh, Ory diizin pulang pada Senin 6 April 2020, lalu. Kemudian, Ia tetap diminta untuk menjalani isolasi mandiri.‎

“Ada kemungkinan re-aktivasi dan re-infeksi (mengarah gejala Covid-19),” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumut dr Aris Yudhariansyah kepada wartawan, Selasa (5/5/2020).

Aris mengungkapkan Ory tidak langsung bekerja di kantor Gubernur Sumut. Ia memilih kembali ke kampung halamannya di Bireun Aceh. 

Dengan kondisi itu, Dinas Kesehatan setempat juga tengah melakukan penyelidikan epidemologi terhadap orang yang kontak erat dengan Ory.

Aris juga mengatakan jika Ory akan kembali menjalani perawatan di Kota Medan. Ia mengungkapkan kondisi Ory saat ini dalam keadaan baik.

“Yang bersangkutan tanpa gejala,” tutur Aris.

Ory kurniawan menjadi kasus pertama di Sumatera Utara. Pasien virus corona dinyatakan sembuh, namun kembali tertular Covid-19.

Dihubungi terpisah, Koordinator Tim Penyakit Infeksi New Emerging dan Re-Emergin (PINERE) untuk Covid-19 di RSUP Haji Adam Malik, dr Ade Rahmaini Mked, Sp.P membenarkan hasil swab bersangkutan positif. Namun dr Ade mengatakan hasil swab positif kembali belum tentu terinfeksi. 

"Pertanyaannya kenapa dia bisa terinfeksi lagi? Kaget juga hasil swab nya ini. Karena dia ini sedang pemulihan. Dan, swab ini dikirim kedua tempat berbeda. Hasil dari Jakarta positif. Dari hasil itu kita sebut reinfeksi. Ini bisa terjadi. Namun akan ringan dan menjadi antibodi untuk dirinya (Ory)," sebut dr Ade.

Tetapi, yang jadi masalahnya yang bersangkutan ini tidak ada gejala apapun. Sehingga untuk kemungkinan kambuh lagi atau relapse menurut Ade bisa saja terjadi. Sebab di tubuh yang bersangkutan masih terdapat sel-sel virus mati yang dari paru-paru naik ke tenggorokan dan terdeteksi di PCR tes sehingga hasil swab positif. 

"Namun, Ory inikan tidak bergejala jadi misalnya PCR bisa positif akan tetapi Dia masih proses penyembuhan.  Sudah sisa-sisa virus yang mati dan terlihat di PCR . Maka itu harus dievaluasi kembali. Kemarin memang kita telpon. Hari ini kita suruh datang kembali tapi info yang kita terima Ory sudah ke rumah sakit yang lain," jelasnya.

Adapun untuk mengatasi agar tidak kambuh kembali, dr Ade menegaskan harus menjaga kesehatan dan tetap melakukan social distancing. 

"Karena Ory tidak ada gejala ini termasuk ringan dimana dalam 1×24 jam akan terbentuk anti bodinya. Dan untuk pemulihannya masih tetap sama yakni melakukan cuci tangan sesering mungkin, menggunakan masker, konsumsi makanan yang sehat dan lainnya," tutupnya. 


(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Usai Dinyatakan Sembuh, Ajudan Wagub Terindikasi Kembali Terpapar Covid-19"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel