Akhyar Warning Warga Kota Medan Agar Waspada Terhadap Orang Tidak Menggunakan Masker


Lensamedan-Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi me-warning seluruh warga Kota Medan agar senantiasa mewaspadai orang-orang tidak menggunakan masker. Sebab, tidak tertutup kemungkinan orang-orang tersebut lah yang akan menularkan  Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Sekarang waspadai orang tidak pakai masker, sebab tidak tertutup kemungkinan dia lah yang menjadi sumber penularan Covid-19. Untuk itu jika ada orang yang mendatangi kita tidak memakai masker, lebih baik disuruh pergi saja,” kata Akhyar di acara baksos pembagian 300 paket untuk warga Lingkungan IV, Kelurahan Sei Agul, Kecamatan Medan Barat di RS Lios Jalan Amir Hamzah, Rabu (6/5/2020).

Diungkapkan Akhyar, pemakaian masker sangat penting guna memutus mata rantai penularan Covid-19 di tengah-tengah masker. Itu sebabnya pemakaian masker wajib dilakukan pada masa pandemi Covid-19 saat ini. Pasalnya, masker sangat membantu sebagian besar droplet (percikan) yang akan keluar untuk menularkan Covid-19 karena tertahan dengan masker tersebut.

Terkait itu, jelas Akhyar, baik warga yang sakit maupun sehat wajib memakai masker, terutama saat melakukan aktifitas di luar rumah, termasuk berada di tempat umum. Selain mengenakan masker, Akhyar juga mengingatkan agar warga lebih baik berada di rumah saja. Kemudian selalu melakukan physical distancing yaitu memberi jarak setidaknya 1,5 meter dari orang lain dan rutin cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Dihadapan 300 warga, Akhyar selanjutnya mengungkapkan, penularan Covid-19 di Kota Medan saat ini sudah terjadi melalui orang-orang terdekat. Disebutkannya, ada beberapa kasus penularan Covid-19 yang terjadi akibat suami menularkan kepada istri atau sebaliknya. Begitu juga ayah atau pun ibu yang menularkan kepada anaknya.

Menyikapi hal itu lah, Akhyar mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menghadapi Covid-19.  Ditegaskannya, pemerintah tidak bisa memutus penyebaran Covid-19 tanpa dukungan penuh seluruh masyarakat. Oleh karenanya Akhyar berharap agar mematuhi seluruh protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

“Insya Alllah dengan kebersamaan, kita mampu mengatasi Covid-19,” ungkapnya.

Di kesempatan itu Akhyar menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Lion 307 A2 yang telah memberikan bantuan berupa beras dan mie instan bagi warga di seputaran RS Lion di Jalan Amir Hamzah. Apalagi 300 warga yang mendapatkan bantuan itu merupakan warga kurang mampu dan paling terdampak dengan Covid-19.

“Atas nama pribadi dan seluruh jajaran Pemko Medan, kami mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan pihak Lion. Semoga bantuan yang diberikan ini memberikan manfaat bagi warga sekitar,” ujarnya.

Kemudian Akhyar kembali mengingatkan warga, bantuan seperti ini tidak bisa dilakukan terus menerus. Diterangkannya, pasca merebaknya Covid-19 saat ini menyebabkan perekonomian dunia babak-belur. Sebagai upaya mengatasinya, jelasya, mata rantai penyebaran Covid-19 harus diputus. Salah satu upaya yang paling efektif memutusnya, tegasnya, menggunakan masker.

“Jadi tidak ada lagi warga Kota Medan yang tidak memakai masker, terutama saat berada di luar rumah!” tegasnya.

Penyerahan bantuan dilakukan Akhyar secara simbolis kepada 5 orang warga didampingi Gubernur Distrik Lion 307 AS Syafii Salim. Proses pembangian bantuan juga dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, salah satunya physical distancing.

“Semoga bantuan ini dapat memberikan manfaat. Saya yakin dengan kebersamaan, kita mampu menghadapi musibah ini,” ujar Syafii Salim.

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Akhyar Warning Warga Kota Medan Agar Waspada Terhadap Orang Tidak Menggunakan Masker"

Posting Komentar

Bully Siswa, Guru SMA Negeri di Tarutung Dilapor ke Polres Taput

LensaMedan - Guru SMA Negeri 3 Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), berinsial MT dilaporkan ke Polres Taput. Pasalnya, MT diduga mela...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel