Wajibkan Warganya Pakai Masker, Pemko Medan Siapkan Satu Juta Masker


Lensamedan- Pemerintah Kota Medan menyiapkan satu juta masker yang akan dibagikan ke masyarakat kota Medan.

Pada tahap pertama, masker dibagikan di lima kecamatan yakni Medan Selayang, Medan Johor, Medan Tuntungan, Medan Baru dan Medan Sunggal yang merupakan zona merah.

Pelaksana tugas Wali Kota Akhyar Nasution mengatakan, masker ini nantinya akan dibagikan secara bertahap dan acak kepada masyarakat kota Medan yang belum menggunakan masker.

"Di tahap pertama, kita akan bagikan di 5 kecamatan yang masuk wilayah zona merah," ujar Akhyar ketika memimpin apel pembagian masker di SPBU eks Petronas di Ringroad, Sabtu (11/4/2020).

Akhyar mengatakan, satu juta masker ini diyakini masih belum cukup, karena jumlah penduduk kota Medan mencapai 2,8 juta jiwa. Karenanya, masker yang disiapkan ini lebih ditujukan kepada yang belum memiliki.

"Tapi tolong bagi yang punya kemampuan, jangan terlalu mengharapkan pemberian dari pemeritah kota. Kalau punya kemampuan mandiri, ayo siapkan, jangan tunggu-menunggu," kata Akhyar.

Disebutkannya, masker yang disiapkan pemerintah merupakan hasil karya pelaku UMKM di kota Medan dan dibeli secara dicicil.

"Kita cicil karena produksi UMKM kita ini bukan hanya untuk kebutuhan kita di Medan saja, tetapi juga melayani sampai ke Papua, Belitung maupun Batam," sebutnya.

Terkait kesadaran masyarakat dalam menggunakan masker, Akhyar menilai sudah cukup baik, meski masih ada yang membandel.

"Seperti kemarin kami liat di Pusat Pasar, adanya masker dia, tapi tak dipakai. Jadi, wajarlah kita marahi. Karena masker itu bukan asesoris tapi kebutuhan kita bersama," imbuhnya.

Akhyar berharap, penyebaran virus Covid-19 segera bisa ditekan, dengan menjalankan protokol kesehatan.

"Pakai masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan. Jika tiga hal ini saja bisa kita lakukan, Insya Allah saya punya keyakinan penyebaran virus ini bisa kita tekan," harapnya.

Ditambahkan Akhyar, saat ini pemerintah fokus pada penurunan penyebaran Covid-19.

"Kita harus kerja keras, agar zona merah bisa turun ke zona kuning bahkan zona hijau. Sementara yang zona hijau tetap bertahan," tuturnya. 

Hadir dalam apel pembagian masker, Kapolsek Medan Sunggal Kompol Yasir Ahmadi, Asisten Umum Setda Kota Medan Renward Parapat, Kadis Perhubungan Iswar, Kasatpol PP Sofyan, Kabag Tapem Ridho Nasution dan para camat di kawasan zona merah. 

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Wajibkan Warganya Pakai Masker, Pemko Medan Siapkan Satu Juta Masker"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel