RS Martha Friska Dan RS GL Tobing Sudah Beroperasi Optimal Tangani Pasien Covid-19


Lensamedan-Rumah Sakit (RS) Martha Friska Multatuli dan RS GL Tobing sudah beroperasi optimal sebagai RS rujukan yang menangani Coronavirus Disease (Cobid-19). Kedua RS tersebut ditujukan untuk penanganan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Hal tersebut disampaikan Koordinator Medis dan Paramedis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Restuti Hidayani Saragih, saat memberikan keterangan pers di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, Kantor Gubernur Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan, Jumat (10/4/2020).

Di RS Martha Friska Jalan Multatuli Medan, katanya, sudah ada 10 pasien yang dirawat. Sementara pasien di RS GL Tobing Tanjungmorawa berjumlah 36 orang. Bahkan dari RS GL Tobing sudah ada 2 pasien yang pulang.

Restuti menyampaikan, pasien yang ada di RS GL Tobing secara umum sudah beradaptasi dengan kondisi RS yang sejak awal dikhususkan untuk PDP ringan hingga sedang. 

“Sudah nyaman dan mereka rutin berolahraga. Mereka diizinkan menghirup udara segar, tentu dengan mengedepankan perlindungan mereka yakni pakai masker dan physical distancing. Para pasien juga secara rutin berolahraga bersama,” kata Restuti.

Pasien yang dirujuk pada dua RS tersebut harus dikonfirmasi oleh dokter penanggungjawab pelayanan pasien di RS rujukan asal pasien. 

“Rujukan ke rumah sakit darurat harus didahului dengan konfirmasi melalui telepon atau hotline ke Rumah Sakit Martha Friska Multatuli yang wajib dilakukan oleh dokter penanggungjawab pelayanan pasien rumah sakit rujukan asal ke tim jaga di rumah sakit darurat,” kata Restuti. 

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "RS Martha Friska Dan RS GL Tobing Sudah Beroperasi Optimal Tangani Pasien Covid-19"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel