Laboratorium PCR Pertama Beroperasi, Gubsu: Dapat Lebih Cepat Mengetahui Pasien Terpapar Covid-19


Lensamedan-Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meninjau laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) pertama untuk Covid-19 di Rumah Sakit (RS) Universitas Sumatera Utara (USU), Jalan Dr Mansyur Medan, Jumat (17/4/2020). Bantuan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) ini diharapkan dapat mempercepat pengujian Covid-19.

Pada kesempatan itu, Gubernur juga secara resmi membuka laboratorium untuk pengujian Covid-19. Pada hari pertama beroperasi laboratorium tersebut sudah menerima 40 sampel dari berbagai RS di Sumut untuk dilakukan pengecekan.

"Selama ini kita melakukan pengujian menggunakan Rapid Test, dilakukan sebanyak dua kali untuk menentukan apakah pasien tersebut terpapar Corona (Covid-19) atau tidak. Tapi sekarang sudah bisa dilakukan Swab PCR. Ini yang pertama di Sumut. Hari ini resmi kita buka, ke depan kita akan lebih cepat mengetahui seseorang terpapar Covid-19 sebelum masa inkubasinya selesai," ujar Gubernur Edy Rahmayadi.

Terkait pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk pencegahan penyebaran Covid-19 di daerah ini, Gubernur Edy menyatakan belum menerapkannya. Karena hingga saat ini kondisi Sumut belum membutuhkan pelaksanaan PSBB.

"Saat ini Sumut mengambil langkah lain, yaitu untuk secara fisik menyiapkan rumah sakit dengan berbagai peralatannya. Yang kedua kita akan melakukan antisipasi non fisik, menyiapkan antisipasi dampak sosial dengan refokusi dan realokasi dana sebanyak Rp500 Miliar untuk tahap awal," ujar Edy Rahmayadi.

Edy berpesan kepada masyarakat agar tidak melakukan mudik. Silahkan libur Lebaran, namun dalam kondisi wabah Covid-19 ini untuk sementara masyarakat diminta jangan mudik ke kampung halaman.

"Gunakanlah sosial media untuk menjaga silahturahmi. Covid-19 ini tidak mau tahu, siapa pun kita. Untuk itu sayangilah keluarga dengan tetap tinggal di rumah. Untuk tahun ini kita bersilahturahmi dari rumah masing-masing saja," pesan Edy.

(Medan)


Belum ada Komentar untuk "Laboratorium PCR Pertama Beroperasi, Gubsu: Dapat Lebih Cepat Mengetahui Pasien Terpapar Covid-19"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel