Polres Batu Bara Demokan Cara Pembuatan Hand Sanitizer


Lensamedan-Disaat hand sanitizer menjadi langka atau sulit didapat ketika mewabahnya virus corona (Covid-19) seperti sekarang ini, maka untuk mengantisipasi hal tersebut Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis, SH, MH melalui Kabag Sumda Kompol Dr. Sri Pinem, SH, M.kn dan Urkes Polres Batu Bara, melakukan aksi mendemokan cara pembuatan hand sanitizer (anti septik pencuci tangan) dengan cara praktis di halaman Mako Polres Batu Bara, Senin (30/3/2020).

Dalam kegiatan tersebut, Kabag Sumda Polres Batu Bara Kompol Dr. Sri Pinem, SH, M.kn menjelaskan secara terperinci tentang cara pembuatan hand sanitizer praktis tersebut.

"Bahannya cukup sederhana yaitu air sekitar 1900 ml, alkohol, Aloe vera, dan cairan esensial (essential oil) sebagai pewanginya. Pertama kita tuang air kedalam wadah yang telah disediakan, kemudian campurkan dengan alkohol sekitar 70 %, selanjutnya campurkan aloe vera 650 gram, kemudian diaduk sekitar 10-20 menit. Setelah merata tuangkan cairan esensial ataupun baby oil sebagai pewangi dan melindungi kelembaban, karena memang jika alkohol saja tanpa diberi pelindung kelembaban maka akan sedikit keras di kulit kita. Kemudian setelah jadi langsung dituang ke botol-botol yang telah disediakan. Dan akhirnya hand sanitizer pun sudah dapat digunakan dan dibawa kemana-mana," jelas Kompol Sri Pinem.

Kompol Sri Pinem juga berpesan kepada warga agar tetap berada dirumah, jaga stamina tubuhnya, budayakan physical distancing, dan selalu cuci tangan dengan sabun atau anti septik.

"Mari kita sama-sama putuskan mata rantai penyebaran covid 19 ini, dengan cara tetap berada dirumah, mari kita isi kegiatan kosong dirumah dengan hal-hal yang positif seperti misalnya membuat hand sanitizer seperti yang saya contohkan tadi, sehingga bermanfaat bagi kita, tetangga kita, dan orang-orang yang membutuhkan disekitar kita. Selain itu juga mari jaga kesehatan tubuh kita dengan cara berjemur beberapa menit dibawah sinar matahari, dan bila perlu minum suplemen agar imun kita kuat, selain itu juga mari budayakan physical distancing dengan cara jaga jarak kita dengan orang lain minimal 1 meter, dan yang paling terpenting lagi jangan lupa selalu cuci tangan dengan sabun atau anti septik," tegasnya.

(Batu Bara)

Belum ada Komentar untuk "Polres Batu Bara Demokan Cara Pembuatan Hand Sanitizer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel