Jumlah ODP Terus Bertambah, Terbanyak Di Simalungun


Lensamedan - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan virus Corona (COVID-19) Sumatera Utara menyebutkan, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) terus bertambah.

Dalam data yang dirilis Minggu (22/3/2020), jumlah ODP tercatat sebanyak 496 orang dari sebelumnya 338 orang.

"Dari data tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Sumut melaporkan, ada peningkatan 31,8 persen pada ODP," ujar Bidang Media dan Sosialisasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumut, Gelora Viva Sinulingga. 

"ODP terbanyak di Simalungun, ada 60 orang ODP dan yang kecil adalah di Labuhan Batu Utara dan Toba Samosir," lanjutnya. 

Sementara untuk jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) menurut Gelora Viva jumlahnya tetap di angka 48 orang. Begitu juga pasien positif masih 2 orang (1 di antaranya meninggal) dan pasien yang sembuh tetap 3 orang.

Gugus Tugas pun mengimbau kepada orang yang pernah berkontak erat dengan PDP atau pun positif bisa memeriksakan kesehatannya dan melakukan isolasi mandiri di dalam rumah masing-masing.

Disebutkan Gelora, hingga saat ini ada 10 kota yang belum ditemukan ODP dan PDP Yakni Tebing Tinggi, Samosir, Humbahas, Nias, Nias Utara , Gunung Sitoli, Nias Barat, Sibolga, Madina dan Labuhan Batu Selatan. 

"Kita berharap statusnya tetap seperti ini. Supaya kita cepat terbebas dari COVID-19," ungkapnya.

Hingga saat ini pemerintah terus menggalakkan jaga jarak (social distancing). Warga diimbau tidak keluar dari rumah sebagai upaya mengurangi potensi tertular atau menularkan corona. Namun sayangnya imbauan ini belum serius dilakukan masyarakat. Tak sedikit masyarakat yang masih anggap sepele dengan bahaya corona dengan tetap keluar rumah meski tidak untuk keperluan yang mendesak.


(Aya/Medan)

Belum ada Komentar untuk "Jumlah ODP Terus Bertambah, Terbanyak Di Simalungun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel