RSUP Adam Malik Edukasi Pasien Tentang Virus Corona


Lensamedan– RSUP H. Adam Malik (RSUP HAM) melalui Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) bekerjasama dengan Tim PINERE (Penyakit Infeksi New Emerging dan Re-Emerging) penanganan pasien Novel Corona Virus (nCoV) yang dikoordinasi oleh dr Ade Rahmaini MKed (Paru) SpP mengadakan penyuluhan kepada para pasien dan keluarga pasien terkait virus baru ini, Selasa (04/02/2020). 

Penyuluhan ini dilakukan menyusul belum teratasinya penyebaran virus Corona.

Edukasi yang dilakukan dr. Fannie Rizki Ananda dari SMF Paru ini terkait dengan gejala yang timbul pada orang terinfeksi, pemeriksaan yang dilakukan untuk penegakkan diagnosa, penularannya serta pengobatannya. Diketahui sebelumnya, belum ada obat antivirus khusus untuk coronavirus baru ini. Pengobatan diutamakan bersifat simtomatik, yaitu mengobati gejala yang muncul pada pasien. 

Penyakit ini bisa ditularkan oleh orang terinfeksi meskipun dia belum mengalami gejalanya.

"Sosialisasinya terkait gejala yang timbul termasuk cara penularannya," ujar Fannie.

Dikatakan Fannie, adapun upaya pencegahan dan penularan infeksi yang dapat dilakukan yaitu dengan membiasakan pola hidup bersih sehat (PHBS), rutin mencuci tangan setelah berinteraksi dengan lingkungan luar, menutup hidung dan mulut dengan tisu atau kain ketika batuk atau bersin, serta menggunakan masker yang tepat ketika berada di keramaian. Pemakaian masker yang dianjurkan adalah masker bedah yang banyak ditemui dan jenis n95, sedangkan masker kain tidak dianjurkan karena tidak efektif dalam mencegah virus.

"Pemakaian masker yang tepat pada saat di keramaian ini yang masih belum bisa diterapkan sempurna," kata Fannie.

Terkait penanganan pasien nCov, Rumah Sakit milik Kementerian Kesehatan ini sudah mempersiapkan prosedur khusus dan lebih bersifat preventif serta berkoordinasi dengan rumah sakit sekitar. Adapun ruang isolasi yang dimiliki RS tipe A ini untuk merawat pasien terinfeksi sudah memiliki tekanan negatif. Sehingga pasien lainnya yang dirawat di RSUP HAM tidak perlu khawatir.

Penyuluhan nCoV dilakukan di Poliklinik Lantai 1 RSUP HAM. Hal ini dilakukan mengingat maraknya hoax yang beredar di masyarakat mengenai nCov. Sebanyak ratusan pasien dan keluarga pasien mendapatkan edukasi nCoV ini. Tujuan edukasi ini adalah memberikan pengetahuan kepada masyarakat secara luas mengenai virus baru nCoV. Diakhir kegiatan, peserta diberikan waktu untuk sesi tanya jawab.


(Medan)

Belum ada Komentar untuk "RSUP Adam Malik Edukasi Pasien Tentang Virus Corona "

Posting Komentar

Pasca Kenaikan Bunga Acuan BI, IHSG dan Rupiah Kembali Melemah

Lensamedan - Usai Bank Indonesia (BI) mengeluarkan kebijakan menaikkan bunga acuan sebesar 25 basis poin, pasar keuangan akan kembali fokus ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel