Status Gunung Sinabung Rencananya Akan Diturunkan Ke Waspada


Lensamedan-Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG)  akan menurunkan status Gunung Sinabung di Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara,  dari status Siaga menjadi status Waspada (Level II) pada bulan ini atau bulan depan.

Saat ini penurunan status gunung api Sinabung, dalam pengkajian ulang dan pertimbangan PVMBG bersama pemerintah daerah.

Disampaikan petugas pengamat Gunung Api Sinabung Armen Putra, Jumat (17/1/2020), bahwa rencana penurunan status berdasarkan hasil pengamatan yang menunjukan  Gunung Sinabung tidak erupsi lagi,  aktivitas kegempaan lebih menurun, informasi dari alat pengukur EDM juga tidak menunjukan depormasi yang besar dari pergerakan magma, dan potensi bahaya menurun.

"Kepada masyarakat meski aktivitas Gunung Sinabung mengalami penurunan, diharapkan kepada masyarakat atau pengunjung tidak melakukan aktivitas pada desa yang sudah direlokasi,   yakni lokasi radius  3 km dari puncak gunung,  radius 5 km  sektor selatan-timur, radius 4 km sektor timur-utara," kata Armen

Jika terjadi hujan abu,  masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik,  mengamankan sarana air bersih, atap bangunan dari abu vulkanik agar tidak roboh. 

"Bagi masyarakat yang tinggal di aliran sungai berhulu Gunung Sinabung tetap waspada akan bahaya lahar," imbau Armen.
"Pengamatan hari ini Pukul 00.06.00 Wib cuaca cerah dan berawan suhu 15-18 C, angin bertiup lemah ke arah barat dan barat laut," tutup Armen.

Visual Gunung Api Sinabung tertutup kabut,  asap kawah tidak teramati. Kegempaan hembusan dua kali,  amplituda 1-3 mm durasi 7-9 detik.

Low frekuensi 1 kali kejadian amplituda 1 mm, durasi 6 detik,  tektonik jauh jumlah kejadian satu kali kejadian Amplituda 4 mm,  S-P 19 detik durasi 58 detik.

(Karo)

Belum ada Komentar untuk "Status Gunung Sinabung Rencananya Akan Diturunkan Ke Waspada"

Posting Komentar

Pj Gubernur Rayakan HUT ke-76 Provinsi Sumut Bersama PPKS

Lensamedan - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Hassanudin, merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Provinsi Sumut bersama Pemerl...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel