Lintasarta Salurkan Dukungan Digital ke Wilayah Terdampak Bencana di Sumatera

Presiden Direktur dan CEO Lintasarta, Bayu Hanantasena (kedua dari kiri), menyerahkan dua Perangkat VSAT Starlink untuk posko bencana yang membutuhkan di wilayah Sumatera Utara kepada Head of West Regional Operation Lintasarta, Rully Mustofa (kedua dari kanan), di Medan, Kamis (4/12/2025). Penyerahan dua perangkat VSAT ini disaksikan oleh Head of North & Central Sumatra Commercial Lintasarta, Mustafa Kamal (kiri) dan Head of North Sumatra Operation Lintasarta, Riko Isra Maulana (kanan).lensamedan-ist

LensaMedan - Lintasarta, AI Factory dibawah naungan Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) Group memberikan penyaluran dukungan infrastruktur digital dan bantuan kemanusiaan ke sejumlah wilayah terdampak bencana di Aceh dan Sumatera Utara.

Langkah ini menegaskan komitmen Lintasarta untuk hadir sekaligus menandai peran perusahaan sebagai penyedia infrastruktur digital nasional dalam situasi krisis.

Program ini dijalankan melalui Lintasarta Peduli Negeri dan menyasar masyarakat terdampak, pelanggan strategis, serta karyawan Lintasarta yang terkena dampak langsung.

Sebagai bagian dari upaya tanggap darurat, enam unit perangkat layanan komunikasi berbasis satelit Starlink dikerahkan ke enam titik prioritas di Lhokseumawe, Takengon, Langsa, Bener Meriah (Aceh) serta Sibolga dan Langkat (Sumatera Utara).

Seluruh layanan diberikan secara gratis dan dikelola langsung oleh tim teknis Lintasarta untuk memastikan kestabilan konektivitas selama masa tanggap darurat.

Langkah ini dilakukan dalam koordinasi dengan pemerintah daerah dan aparat penanggung jawab setempat guna mempercepat pemulihan komunikasi bagi Masyarakat dan Lembaga publik.

“Di tengah situasi bencana, konektivitas bukan sekedar layanan teknis, tetapi menjadi kebutuhan strategis yang menentukan kecepatan koordinasi dan efektivitas penyaluran bantuan. Lintasarta memastikan komunikasi tetap berjalan agar masyarakat dapat segera bangkit,” ujar Presiden Direktur dan CEO Lintasarta, Bayu Hanantasena, dalam siaran pers yang diterima Jumat (5/12/2025).

Selain pemulihan jaringan komunikasi masyarakat, Lintasarta juga memberikan dukungan konektivitas khusus bagi instansi pemerintah yang berperan vital dalam koordinasi lapangan.

Bersama instansi terkait, Lintasarta menyalurkan dua perangkat VSAT Starlink untuk posko bencana yang membutuhkan di wilayah Sumatera Utara.

Kemudian dua perangkat VSAT Starlink disalurkan ke pusat informasi Media Center Komdigi di Aceh dengan kapasitas serupa dan pengelolaan teknis penuh dari tim Lintasarta.

Dua perangkat VSAT Starlink juga disalurkan melalui Bank Aceh untuk masyarakat Aceh yang terdampak dengan kapasitas serupa dan pengelolaan teknis penuh dari tim
Lintasarta.

Pemulihan Layanan dan Dukungan bagi Pelanggan dan Karyawan

Lintasarta juga memprioritaskan pemulihan layanan pelanggan strategis, terutama di sektor
perbankan dan instansi pemerintah, melalui dukungan teknis lapangan serta percepatan perbaikan infrastruktur jaringan.

Di sisi kemanusiaan, perusahaan menyalurkan bantuan dana, logistik, dan kebutuhan pokok kepada masyarakat dan karyawan Lintasarta yang terdampak langsung di wilayah Aceh dan Sumatera Utara.

Penyerahan bantuan ini dilakukan secara serentak, Kamis (4/12/2025).

Di Medan, penyerahan dipimpin langsung oleh Presiden Direktur dan CEO Lintasarta, Bayu Hanantasena.

Sementara di Aceh, penyerahan dipimpin Director & Chief IT Services Officer Lintasarta, Ginandjar.

Kedua pimpinan memastikan bahwa pemulihan digital dan sosial berjalan beriringan dengan pengawasan langsung dari manajemen pusat.

Komitmen untuk Ketahanan Digital Nasional

Lintasarta menegaskan bahwa Langkah ini merupakan bagian dari komitmen jangka panjang perusahaan dalam menjaga ketahanan digital nasional, terutama di saat krisis.

“Kami berkomitmen untuk memastikan setiap warga negara tetap terhubung, apapun
kondisinya. Teknologi harus hadir bukan hanya untuk efisiensi bisnis, tetapi juga untuk kemanusaiaan,” pungkas Bayu.

Lintasarta akan terus memantau situasi lapangan dan menyesuaikan dukungan teknis maupun kemanusiaan sosial sesuai kebutuhan wilayah, seiring dengan upaya pemerintah dan otoritas setempat dalam fase pemulihan pascabencana. (*)

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Lintasarta Salurkan Dukungan Digital ke Wilayah Terdampak Bencana di Sumatera"

Posting Komentar

Lintasarta Salurkan Dukungan Digital ke Wilayah Terdampak Bencana di Sumatera

Presiden Direktur dan CEO Lintasarta, Bayu Hanantasena (kedua dari kiri), menyerahkan  dua Perangkat VSAT Starlink untuk posko bencana yang ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel