Ekspektasi Pemangkasan Bunga Acuan Memudar, IHSG, Rupiah dan Harga Emas Kompak Melemah

Lensamedan - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Rabu (29/5/2024) ditutup melemah 1.56% di level 7.140,22.

Meski asing membukukan transaksi beli bersih senilai Rp1 triliun., tetapi kinerja IHSG menjadi salah satu bursa di Asia yang kinerjanya paling buruk seperti Hang Seng dan Kospi.

"Memburuknya kinerja indeks bursa di Asia telah menyeret pelemahan pada pasar saham di tanah air," ujar Analis keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin.

Sementara itu, kinerja mata uang Rupiah ditutup melemah di level 16.155 per Dolar AS, sementara emas ditransaksikan melemah US$2.341 per ons troy nya.

Pelemahan pada Rupiah dan emas menurut Gunawa  tidak terlepas dari ekspektasi kian memudarnya sinyal pemangkasan bunga acuan dalam waktu dekat.

Tekanan pada mata uang Rupiah saat ini terjadi juga diipicu oleh memburuknya situasi dimana pelaku pasar menanti rilis data inflasi konsumen AS di akhir pekan ini.

Tekanan akan semakin besar jika inflasi konsumen AS tidak menunjukan penurunan nantinya.

"Jadi saya berkesimpulan bahwa tekanan pada pasar keuangan masih akan terjadi dalam jangka pendek. Dan sentimen teknikal pada hari ini sangat berperan menggiring kinerja pasar keuangan. Namun, pelaku pasar kian dikhawatirkan dengan pupusnya harapan pemangkasan bunga acuan di tahun ini. Yang diperburuk dengan tensi geopolitik di banyak negara," pungkasnya. (*)

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Ekspektasi Pemangkasan Bunga Acuan Memudar, IHSG, Rupiah dan Harga Emas Kompak Melemah"

Posting Komentar

Eid Adha 1445 H, Masjid Maulana Kampung Kedah Sembelih Dua Ekor Hewan Qurban

LensaMedan - Panitia qurban Masjid Maulana Kampung Kedah Lingkungan VII kelurahan Labuhan, kecamatan Talawi, kabupaten Batu Bara menyembelih...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel