Turun 9,24%, Pemenuhan Uang Kartal Periode Ramadan-Idulfitri 2024 Hanya Rp3,8 Triliun

Lensamedan – Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Sumatera Utara (Sumut) mencatat, pemenuhan uang kartal di Sumut pada periode Ramadan dan Idulfitri 2024 turun 9,24% (yoy) jika dibandingkan tahun 2023.

Deputi Kepala BI Sumut, Suharman Tabrani, menyebutkan, di periode Maret April 2024, jumlah uang yang disalurkan BI sebanyak 3,8 triliun, sementara di periode Ramadan dan Idulfitri tahun 2023, jumlah uang yang disalurkan sebanyak Rp4,2 triliun. 

“Penurunan ini disebabkan beberapa hal, diantaranya tidak adanya penarikan dana Bansos seperti yang terjadi di tahun 2023. Selain itu juga disebabkan optimalisasi pelaksanaan Transaksi Uang Kartal Antar Bank (TUKAB) dengan nominal Rp. 553 miliar,” ujar Suharman Tabrani dalam kegiatan Bincang Bareng Media (BBM) yang digelar hybrid, Selasa (30/4/2024). 

Suharman merinci, pemenuhan uang kartal di periode Ramadan dan Idulfitri 2024 terbanyak dilakukan lewat perbankan yang mencapai Rp3,71 triliun.  Sementara di kegiatan Serambi yang digelar selama 2 pekan di Plaza Medan Fair, uang yang diserap masyarakat sebanyak Rp34 miliar.

“Sedangkan di kegiatan yang dilakukan di Pusat Pasar dan Rest Area Tol Medan-Tebingtinggi, uang yang diserap sebanyak Rp7 miliar,” terangnya.

Di tahun Ramadan dan Idulfitri tahun ini, BI Sumut memproyeksikan kebutuhan perbankan mencapai Rp4,4 triliun. (*)



(Medan) 


Belum ada Komentar untuk " Turun 9,24%, Pemenuhan Uang Kartal Periode Ramadan-Idulfitri 2024 Hanya Rp3,8 Triliun "

Posting Komentar

Bersama Yayasan OBI Indonesia , Pemdes Pematang Rambai Gelar Bakti Sosial Kesehatan

LensaMedan - Kegiatan bakti sosial kesehatan yang dilaksanakan oleh Yayasan Obor Berkat Indonesia atau OBI sebuah organisasi Yayasan sosial ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel