JPKP Sumut Apresiasi Kinerja Kadisdukcapil Kota Medan

LensaMedan -  Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) Sumut mengapresiasi kinerja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Kota Medan, Baginda Siregar.

Apresisasi itu disampaikan Ketua DPW JPKP Sumut, Rudy Chairuriza Tanjung kepada sejumlah wartawan terkait konsistensi dan kesigapan Kadisdukcapil Kota Medan, Baginda Siregar dalam melayani masyarakat yang membutuhkan. 

"Kendati hari libur, Kadisdukcapil Kota Medan, Baginda Siregar tetap melakukan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan," ujar Ketua DPW JPKP Sumut, Rudy Chairuriza Tanjung, Jumat, (12/4/2024).

Sebelumnya, lanjut dijelaskan Rudy, pada hari Rabu yang lalu, ada  warga Kota Medan atas nama Firman Lamsihar Rajagukguk berkunjung ke rumah saudaranya di Lubukpakam, Kabupaten Deliserdang.

Kemudian, pada malam harinya anak paling kecil dari Firman Lamsihar Rajagukguk yang baru lahir di bulan Januari 2023 lalu, tiba tiba jatuh sakit dan harus dilarikan ke RS Amri Tambunan di Lubukpakam.

"Saat itu, karena ruang PICU di RSUD tersebut penuh, sementara anak tersebut harus mendapatkan penanganan cepat akibat demam tinggi yang tidak kunjung turun. Waktu itu, sudah banyak Rumah Sakit di medan yang dihubungi. Namun, hanya RSUP Adam Malik yang masih ada ruang PICU pada masa itu," jelasnya.

Akan tetapi, ungkap Rudy, anak yang sakit tersebut belum terdaftar di dalam Kartu Keluarga (KK).

Karena belum masuk dalam KK, si anak tadi tidak terdaftar dalam sebagai penerima program Universal Health Coverage (UHC) untuk warga Kota Medan.

"Selanjutnya, pada hari Kamis tanggal 11 April 2024, sekitar pukul 12.00 wib, DPW JPKP Sumut menghubungi Kadisdukcapil Kota Medan melalui seluler dan seterusnya pihak JPKP mengirimkan data ke pihak Kadisdukcapil Medan untuk memohon bantuannya agar dapat memasukkan anak tersebut yang belum masuk ke dalam Kartu Keluarga, agar dapat masuk ke dalam program UHC," katanya.

Atas kesigapan Kadisdukcapil Kota Medan, imbuh Rudy, akhirnya, pada  sore harinya, urusan untuk memasukkan ke dalam Kartu Keluarga pasien yang masih balita tersebut telah terselesaikan, dan JPKP akan segera berkoordinasi dengan pihak Rumah Sakit untuk proses UHC pasien tersebut.

"Atas kesigapan dan kepedulian Kadisdukcapil Medan di bawah pimpinan bapak Baginda itulah kita menyampaikan apresiasi. Apalagi, hari itu adalah libur cuti bersama. Namun, karan dalam kondisi urgent, Kadisdukcapil masih menjalankan tugasnya untuk memenuhi kebutuhan warga Medan," imbuhnya.

Karena itu, kata Rudy, sekali lagi, DPW JPKP Sumut menyampaikan apresiasi sekaligus terima kasiah kepada Kadisdukcapil Kota Medan beserta jajarannya.

"Semoga, kita semua selalu dalam keberkahan agar tetap dapat membantu warga yang sangat membutuhkan, terlebih terkait hal-hal yang sifatnya urgent walau dihari libur bersama ini. Untuk itu, kita berharap, kepedulian bersama ini harus terus saling kita kedepankan untuk kemajuan bersama," pungkasnya.

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "JPKP Sumut Apresiasi Kinerja Kadisdukcapil Kota Medan"

Posting Komentar

Daerah Diminta Jangan Terlena Meski Inflasi Nasional Terkendali

Lensamedan - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengingatkan pemerintah daerah (Pemda) agar tidak terlena meski inflasi...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel