Harga Cabai Merah Turun Lagi Selama Lebaran, Sementara Harga Daging Ayam Naik


Lensamedan – Tim Pemantau Harga Bahan Pokok Sumatera Utara (Sumut) mencatat, di hari pertama dan kedua Idulfitri 1445 H, harga daging ayam mengalami kenaikan hingga menyentuh Rp40 ribuan per Kg. 

Sementara untuk harga cabai merah mengalami penurunan dalam rentang Rp20 ribu hingga Rp25 ribu per Kg nya. 

Penurunan harga cabai merah dipengaruhi oleh supply atau persediaan yang mengalami peningkatan, seiring dengan langkah petani yang memanen lebih awal tanamannya untuk mengantisipasi libur panjang Idul Fitri.

“Dan untuk harga daging ayam yang naik tajam selama lebaran, dipengaruhi oleh tingginya demand atau permintaan, sementara pasokan terbatas,” ujar Ketua Tim Pemantau, Gunawan Benjamin di Medan, Jumat (12/4/2024). 

Selain daging ayam, pada dasarnya sejumlah pasokan untuk sayur mayur disebutkan Gunawan juga mengalami penurunan, yang mengakibatkan harga sayur mayur bergerak liar dan bisa mengalami kenaikan hingga 2 atau 3 kali lipat dibandingkan dengan hari normal.

Seperti harga kacang panjang yang mencapai Rp20 ribu per Kg nya. Padahal di hari normal dijual dikisaran Rp5 ribu hingga Rp6 ribu per Kg nya. 

“Saya menilai volatilitas ini wajar dan diproyeksikan hanya akan berlangsung sesaat,” terangnya. 

Sementara itu, sekalipun harga cabai merah mengalami penurunan, namun harga cabai rawit justru masih bertahan di kisaran Rp45 ribu hingga Rp50 ribu per Kg selama lebaran.

Selama ini, kata Gunawan, pasokan cabai rawit banyak bergantung dari pasokan dari wilayah Aceh Tengah, sehingga dari sisi pasokan akan sangat terpengaruh dengan perayaan lebaran. Mengingat petani di Aceh Tengah juga merayakan Idulfitri. 

Selain itu, sejumlah harga kebutuhan pangan strategis lainnya seperti bawang merah dan bawang putih terpantau relatif stabil dengan kecenderungan naik, yang  ditransaksikan dalam rentang Rp40 ribu hingga Rp45 ribu per Kg. 

Untuk komoditas lain seperti telur ayam, gula pasir, minyak goreng, dan beras terpantau stabil. Untuk harga daging sapi yang sempat mengalami kenaikan jelang Idulfitri, harganya relatif masih bertahan dengan kecenderungan mengalami penurunan, berada dalam rentang Rp125 ribu hingga Rp145 ribu per Kg nya.

“Secara keseluruhan volatilitas harga terpantau cukup wajar di wilayah Kota Medan dan sekitarnya. Harga pangan strategis di pekan ini belum menemukan titik keseimbangan yang sebenarnya. Pasar belum sepenuhnya berada dalam kondisi normal. Pasar akan kembali normal dipekan depan atau di pekan keempat nantinya,” pungkasnya. (*)


(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Harga Cabai Merah Turun Lagi Selama Lebaran, Sementara Harga Daging Ayam Naik "

Posting Komentar

Jelang Berangkat, 249 Cahaj Batu Bara Ikuti Tepung Tawar

LensaMedan- Jelang keberangkatan ke Tanah Suci Mekkah, sebanyak 249 jemaah calon haji asal Kabupaten Batu Bara Kloter 11 mengikuti tradisi t...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel