Presiden RI Joko Widodo Resmikan Dua Pelabuhan di Kawasan Teluk Palu


Lensamedan - Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi meresmikan Pelabuhan Wani dan Pelabuhan Pantoloan, di kawasan Teluk Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (27/3/2024).

Peresmian kedua pelabuhan tersebut dipusatkan di Pelabuhan Wani.

Presiden menjelaskan, tujuan rehabilitasi dan rekonstruksi Pelabuhan Wani dan Pantoloan adalah untuk mengembalikan fungsi pelabuhan yang terdampak bencana gempa dan tsunami.

Kemudian meningkatkan kapasitas layanan pelabuhan sebagai simpul aktivitas logistik, meningkatkan konektivitas daerah, serta mendukung aktivitas ekonomi di Provinsi Sulawesi Tengah.

Proyek ini dibiayai melalui pinjaman Asian Development Bank (ADB), dengan total nilai pekerjaan sebesar Rp 233 miliar.

“Kita tahu 2018 di Palu, Sulawesi Tengah, terkena bencana gempa dan tsunami. Pelabuhan luluh lantak. Dan berkat kegigihan kita semuanya, Alhamdulillah hari ini kita resmikan rehabilitasi dan rekonstruksi infrastruktur pelabuhan di kawasan Teluk Palu, yaitu Pelabuhan Wani dan Pelabuhan Pantoloan,” ujar Presiden.

Kepala Negara juga memberikan arahan untuk terus meningkatkan fasilitas pelabuhan, sehingga tidak kalah dengan pelabuhan-pelabuhan di negara lain.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan, antara lain: memperkuat pelabuhan dengan standar pelayanan, standar manajemen, dan standar teknologi yang baik, serta dilengkapi layanan logistik yang terintegrasi. (*)

(Palu)

Belum ada Komentar untuk "Presiden RI Joko Widodo Resmikan Dua Pelabuhan di Kawasan Teluk Palu"

Posting Komentar

Relaksasi Harga Beras Medium akan Beri Ruang bagi Ritel Modern Jual Beras Medium

Lensamedan - Badan Pangan Nasional (Bapanas) kembali melakukan relaksasi harga beras medium dari yang sebelumnya Rp11.500 untuk wilayah zona...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel