Gugatan Capres Sebabkan IHSG Melemah

Lensamedan - Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini ditutup melemah 0.16% di level 7.365,66, setelah sempat menyentuh level 7.330.

Analis keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, mengatakan, kinerja IHSG yang terkoreksi pada perdagangan hari ini juga dipicu oleh memburuknya sentimen domestik.

"Salah satunya adalah gugatan hasil pemilu yang dilayangkan pasangan calon no urut 01 dan 03," ujar Gunawan di Medan, Selasa (26/3/2024).

Selain itu, kata Gunawan, pelemahan IHSG juga terseret oleh melemahnya kinerja mata uang Rupiah pada perdagangan hari ini.

Rupiah selama sesi perdagangan banyak ditransaksikan di zona merah. Dengan terus berkonsolidasi di kisaran level 15.800 per  Dolar AS.

Meski demikian, mata uang Rupiah mampu mengurangi kerugian dan ditutup menguat tipis di level 15.785 per Dolar AS.

Meskipun menguat, bayang-bayang memburuknya kinerja mata uang Rupiah selama sesi perdagangan hari ini menjadi beban bagi kinerja IHSG.

Rupiah yang tertekan seiring dengan terjadinya capital outflow, ditambah dengan memburuknya kinerja ekspor menjadi pemberat bagi Rupiah untuk melawan tekanan Dolar AS.

"Pelaku pasar saat ini masih bersikap wait and see yang tercermin dari kinerja pasar keuangan yang relatif bergerak sideways, sembari menanti rilis data inflasi di akhir pekan," terangnya.

Sementara itu harga emas terpantau bergerak menguat di level US$2.191 per ons troynya.

Penguatan emas masih ditopang sentimen yang bagus, khususnya terkait dengan perkembangan suku bunga acuan kedepan. (*)

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Gugatan Capres Sebabkan IHSG Melemah "

Posting Komentar

Simak Tips Jemaah Haji saat Tinggalkan Hotel untuk Beribadah di Masjid Nabawi

Lensamedan - Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau jemaah untuk memperhatikan sejumlah hal sebelum meninggalkan hotel di Madinah untuk berib...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel