Kadin Sumut Sosialisasikan Peluang dan Tantangan Era Digital kepada Pelajar


Lensamedan - Dalam rangkaian kegiatan Digital Literacy Campaign dan Gerakan Indonesia Makin Cakap Digital, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara (Sumut) menggelar kegiatan Literasi Digital di SMAN 2 Lubuk Pakam Deli Serdang, pada Kamis (26/10/2023).

Kegiatan dengan tema "Welcoming Gen Alpha: Change and Challenge in Digital Era" tersebut merupakan kolaborasi dengan Kementerian Kominfo Republik Indonesia dan Dinas Pendidikan Sumut.

Ketua Umum Kadin Sumut, Firsal Ferial Mutyara yang diwakili Wakil Ketua Umum Bidang Pendidikan dan Kebudayaan, Indra Prawira menjelaskan tujuan dilaksanakannya program tersebut adalah untuk memberikan wawasan sejak dini pada para pelajar tentang peluang dan tantangan di era digital, terutama di dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja.

"Di era digital bukan hanya kecakapan atau kemampuan digital yang penting. Hal yang tak kalah penting lainnya seperti budaya digital yang positif dan produktif, etika digital yang beradab, juga kewaspadaan terhadap keamanan digital," jelas Indra Prawira yang juga merupakan Ketua Tim Literasi Digital Sumatera Utara.

Kegiatan dibuka oleh Dirjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo RI Semuel A Pengerapan secara daring.

Dalam sambutannya, Samuel mengingatkan seiring bertambahnya pengguna teknologi digital, ada berbagai risiko muncul seperti penipuan online, hoax, cyber bullying, dan konten negatif lainnya.

"Hal ini harus dibarengi dengan peningkatan kapasitas literasi digital yang mumpuni, agar pelajar dan masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan produktif, bijak dan tepat guna," jelas Samuel.

Sebagai narasumber yaitu Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Sumut M Basir S Hasibuan MPd, Dosen UIN Bandung Cecep Nur Alam ST MT, serta influencer Vean Mardhika.

Kegiatan diikuti sekitar 1.200 pelajar SMAN 2 Lubuk Pakam, Deli Serdang secara luring dan lebih dari 30.000 pelajar SMA secara daring di Kabupaten Deli Serdang, Langkat dan Kota Binjai.

(Deli Serdang)

Belum ada Komentar untuk "Kadin Sumut Sosialisasikan Peluang dan Tantangan Era Digital kepada Pelajar"

Posting Komentar

Bertemu Jurnalis, Nikson Nababan Sampaikan Gagasan untuk Majukan Sumut

Lensamedan - Politikus muda asal Sumatera Utara (Sumut), Nikson Nababan, menyambangi Warkop Jurnalis, di Jalan Agus Salim, Senin (20/5/2024)...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel