Ini Tarif Baru Tol Belawan - Medan - Tanjung Morawa, Berlaku Mulai 17 September 2023

Lensamedan - PT Jasa Marga (Persero) akan melakukan penyesuaian tarif Jalan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera) untuk semua golongan di Tol Belmera. Penyesuaian tarif ini akan berlaku mulai Minggu 17 September 2023, pukul 00.00 WIB.

Penyesuaian tarif tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 1087/KPTS/M/2023 tanggal 28 Agustus 2023 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Belmera.

Jalan Tol Belmera yang dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk memiliki 12 gerbang tol (GT) yaitu GT Tanjung Morawa, GT Tanjung Mulia, GT Belawan, GT Bandar Selamat 1,2,3 & 4, GT H. Anif 1 & 2, GT Mabar 1 & 2, dan GT Amplas.

Pemberlakuan tarif baru pada Jalan Tol Belmera dengan tarif terjauh (sistem tertutup) menjadi sebagai berikut: 
Gol I: Rp 8.500,- naik menjadi Rp.9.000,-
Gol II: Rp 15.000,- naik menjadi Rp.16.000,-
Gol III: Rp 15.000,- naik menjadi Rp.16.000,-
Gol IV: Rp 21.500,- naik menjadi Rp.23.000,-
Gol V: Rp 21.500,- naik menjadi Rp.23.000,-

Pengguna jalan tol golongan 1 (sedan, jip, pick up atau truk kecil, dan bus) yang melakukan perjalanan melalui gerbang tol dalam jaringan Ruas Tol Belmera, misal pengguna jalan tol dengan kendaraan minibus masuk dari Gerbang Tol (GT) Belawan dan keluar melalui GT Tanjung Morawa awalnya dikenakan tarif Rp.85000,- akan dikenakan tarif menjadi Rp 9.000,-.

Marketing and Communication Department Head Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division, Herald Galingga menjelaskan bahwa sistem transaksi di Jalan Tol Belmera menggunakan sistem transaksi tertutup. Sehingga bagi pengguna jalan yang tidak menerus akan dikenakan tarif proporsional berdasarkan jarak tempuhnya sesuai dengan Keputusan Menteri PUPR dimaksud.

"Jalan tol sepanjang 42,7 Km ini, merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Sumatera dan penghubung antara Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, Jalan Tol Medan-Binjai dan Jalan Tol Binjai-Stabat. Juga menghubungkan Pelabuhan Belawan, yang merupakan pintu gerbang keluar-masuknya barang dan juga pengunjung di wilayah Sumatera bagian utara, menuju ke wilayah perkotaan disekitarnya terutama Kota Medan," jelasnya dalam keterangan diterima, Rabu 13 September 2023.

Diketahui, Jalan tol Belmera telah beroperasi sejak tahun 1986 dan memiliki peran strategis sebagai urat nadi transportasi sekaligus menjadi jalur penggerak ekonomi di daerah Medan dan sekitarnya. Dengan adanya Jalan Tol Belmera, waktu tempuh perjalanan Belawan ke Tanjung Morawa menjadi lebih singkat dan biaya operasional kendaraan menjadi lebih hemat.

"Jasa Marga menghimbau kepada pengguna jalan tol untuk memastikan kecukupan saldo uang elektronik, memastikan kelayakan kendaraan dan kecukupan Bahan Bakar Minyak (BBM) sebelum memasuki jalan tol," tutup Herald. 

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Ini Tarif Baru Tol Belawan - Medan - Tanjung Morawa, Berlaku Mulai 17 September 2023"

Posting Komentar

Pengunjung F1 Powerboat Diajak untuk Manfaatkan Layanan Mudah Aplikasi MyPertamina

 Lensamedan - PT Pertamina (Persero) sebagai official sponsor Kejuaraan Dunia Motor Perahu F1 (F1H2O) menghadirkan booth MyPertamina yang su...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel