PB PASI Sumut Ukir Sejarah Baru, Kejuaraan SAJ Tembus 24.900 Peserta

Lensamedan - Pengurus Provinsi Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (Pengprov PASI) Sumut ukir sejarah baru, dalam gawean Sumut Atletik Juara (SAJ). Dari target 15 ribu peserta, kejuaraan SAJ yang dihelat di Medan Sumatera Utara, Minggu (19/3/2023), tercatat sebanyak 24.900 peserta ikut berpartisipasi. 

Ketua Umum PB PASI Sumut, David Luther Lubis mengatakan, kejuaraan SAJ adalah tonggak sejarah baru kebangkitan cabang olah raga atletik di Sumut.

"Ini adalah sejarah baru yang diukir Sumut untuk Indonesia. Belum pernah ada kejuaraan lari dengan jumlah terbanyak di Indonesia. PB PASI Sumut mencatat rekor dengan jumlah peserta terbanyak yakni 24.900 peserta," ungkap David di sela sela kegiatan, Minggu (19/3/2023) di Halaman Kantor Gubernur Sumatera Utara.

David menjelaskan, SAJ yang bertemakan 'Mencerdaskan dan Menyehatkan Anak Bangsa' ini memperlombakan Lomba Lari Antar pelajar se-Sumut, mulai dari tingkat SD hingga SMA sederejat.

"Untuk peserta SD menempuh jarak 1.500 m, SMP 5.000 m dan SMA serta kategori umum 10.000 m.

Untuk para juara, selain piagam, Pengprov PASI Sumut nantinya juga akan memberikan bea siswa dan uang saku selama para juara menjalani pendidikan," terangnya. 

David lebih lanjut menjelaskan, pihaknya menjadikan kejuaraan antar pelajar ini sebagai salah satu program kegiatan, sejalan dengan keinginan seluruh pengurus untuk lebih memasyarakatkan atletik mulai dari tingkat SD, dengan target jangka panjang menjaring talenta-talenta atletik potensial untuk nantinya dibina lebih lanjut menjadi atlet andalan.

“Paling tidak dari event ini kita turut mendukung Program Pemerintah menyehatkan dan mencerdaskan anak bangsa,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sumatera Utara, Edi Rahmayadi mengaku bangga melihat banyaknya antusias peserta yang ikut kejuaraan SAJ.

"Rakyat Sumut itu hebat, kedepan harus kita mulai hebat. Lebih banyak berbuat kegiatan dan olahraga," katanya.

Dia menambahkan, dari dulu Sumut selalu juara, kini sudah banyak ketinggalan. Jadi dengan momentum SAJ, dia berharap olah raga di Sumut, khususmya atletik bangkit kembali.

"Kita harus bangkit demi prestasi. Dengan SAJ inilah kita mulai mencari bibit untuk kebangkitan olahraga dan untuk PON 2024 mendatang," urainya.

Tampak hadir mendampingi Gubernur Sumatera Utara, Kadispora Sumut, Pangdam I BB dan Ketua KONI Sumut. 

Berikut nama pemenang kejuaraan SAJ:

Untuk kelompok SD Putra, juara pertama Berando A Saragih dari 091324 Medan, juara kedua Nizzam Azam Putra dari MIN 8 Medan.

Untuk kelompok SD Putri, keluar sebagai juara pertama Yenni Surabina dari SDN 101814 Birubiru, tempat kedua diraih Tamara Citra Lestari dari SDN 200509 Pasid dan tempat ketiga ada Ziva Azzahra dari SD Alkautsar.

Untuk kelompok SMP Putra, juara pertama, Sultan asal Tarutung, tempat kedua Sahlan dari MTSN Medan dan ketiga Revan dari SMPN 23 Medan.

Untuk Kelompok SMP Putri

Juara pertama diraih Nurhayati Laoli asal SMP Angkola Selatan, tempat kedua diraih Renni Masima Malau asal SMP 4 Tadian Koting dan ketiga Sabrina Balqis Anwar asal SMPN 1 T Morawa.

Untuk kelomlok SMA Putra, keluar sebagai juara pertama, Riki Sihombing asal SMA PGRI Siborongborong, tempat kedua ada Mukhtaruddin Pohan dari MAN 1 P.Sidempuan dan tempat ketiga diisi Toni Gulo asal SMAN 2 P Sidempuan.

Untuk kelompok SMA Putri urutan pertama diraih Jaita Optiani dari SMAN 1 Angkola Selatan, tempat kedua Bulan Anjelita asal Yayasan Kereta Api Medan.

Untuk kategori kelompok putra umum, juara pertama diraih Daniel Simanjuntak asal PASI Sumut/Taput, tempat kedua diraih Firton Lumban Toruan dari Yonif Rider 100, tempat ketiga diraih Berman H Siahaan dari PASI Sumut.

Untuk kategori kelompok putri umum, keluar sebagai juara pertama, Siska Simamora dari PPLP Sumut, tempat kedua diisi Anjelika beru Ginting dari Karo dan ketiga ada Cilpia Manalu asal Tapanuli Utara. (*) 

Belum ada Komentar untuk "PB PASI Sumut Ukir Sejarah Baru, Kejuaraan SAJ Tembus 24.900 Peserta"

Posting Komentar

Atasi Dampak El Nino, Pemerintah Masifkan Pompanisasi untuk Lahan Tadah Hujan

Lensamedan - Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) akan memasifkan pompanisasi pada lahan tadah hujan di sejumlah wilayah di t...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel