KSI Kembalikan Kejayaan Desa Huta Tinggi sebagai Penghasil Mangga


 Lensamedan - Khadijah Sharaswaty Indonesia (KSI) kembali menunjukkan konsistensinya sebagai komunitas peduli lingkungan di Sumatera Utara (Sumut).

Terkini, KSI melakukan aksi tanam ratusan pohon mangga dan nira di kawasan Desa Wisata Huta Tinggi, Kecamatan Pengururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Kamis (16/2/2023).

Founder KSI, Dewi Natadiningrat, mengatakan, kegiatan penanaman pohon dilakukan sebagai bentuk kepedulian KSI terhadap desa wisata Huta Tinggi yang dulunya terkenal sebagai kawasan penghasil mangga di Samosir. 

"Kita harapkan kehadiran KSI di Samosir ini bisa memberi dampak positif terhadap warga. Kita berharap pohon yang ditanam hari ini tak hanya cuma untuk ditanam saja tapi untuk ditumbuhkan dan dirawat bersama. Sehingga mimpi mengembalikan Huta Tinggi sebagai daerah penghasil Mangga bisa terealisasi," ujar Dewi dalam keterangan tertulis, Jumat (17/2/2023).

Dewi menyebutkan, untuk penanaman kali ini, ada 100 batang pohon mangga dengan  tinggi minimal 1,5 meter, sehingga siap panen sekitar 1 tahun lagi.

“Dan program ini merupakan kelanjutan dari program Manggakan Samosir yang bulan November 2022 sudah KSI tanam sebanyak 1.000 pohon di 3 lokasi yang berbeda, yakni Bukit Sibea-Bea Kecamatan Harian, Desa Wisata Simbolon Kecamatan  Palipi & Parbaba Kecamatan Pangururan,” sebutnya.

Kadis Pariwisata Samosir, Tetti Naibaho, membenarkan kalau dulunya Desa Huta Tinggi ini merupakan penghasil mangga di Samosir. 

“Namun, karena kini pohonnya sudah tua dan banyak yang mati, jadi kita tidak bisa lagi menghasilkan mangga seperti dulu lagi. Untuk itulah kenapa kami memilih mangga tak lain untuk mengembalikan desa ini sebagai penghasil mangga," ujar Teti. 

Sementara nira sambung Tetti, karena semuanya diyakini cukup bermanfaat, baik itu buah, hingga akar. 

"Nira juga menjadi pohon yang digandrungi kaum bapak di Samosir untuk minuman tradisional asli Samosir. Nira asli tanpa dicampur apapun," sebutnya. (*)


(Medan) 


Belum ada Komentar untuk "KSI Kembalikan Kejayaan Desa Huta Tinggi sebagai Penghasil Mangga "

Posting Komentar

Pengunjung F1 Powerboat Diajak untuk Manfaatkan Layanan Mudah Aplikasi MyPertamina

 Lensamedan - PT Pertamina (Persero) sebagai official sponsor Kejuaraan Dunia Motor Perahu F1 (F1H2O) menghadirkan booth MyPertamina yang su...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel