Awal Tahun 2023, Mendag Pastikan Harga Bapok Terpantau Stabil dan Stok Aman



Lensamedan - Mengawali awal tahun 2023, ketersediaan harga barang kebutuhan pokok (bapok) terpantau stabil. Selain itu, stok bapok juga aman terkendali. 

Hal ini ditegaskan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat meninjau ke Pasar Pasir Gintung, Bandar Lampung, Provinsi Lampung, Sabtu (7/1/2023).

"Setelah melalui perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 dengan stok bapok yang cukup dan harga stabil, Kementerian  Perdagangan  akan  terus  melakukan  pemantauan  hingga  menjelang  puasa  dan  Lebaran  di seluruh daerah di Indonesia. Secara umum saat ini harga bapok relatif stabil dan stok cukup," jelas Mendag Zulkifli Hasan. 

Berdasarkan  pantauan  di  Pasar  Pasir Gintung,  beras medium Bulog tercatat sebesar  Rp9.450/kg,  minyak goreng   Rp14.000/liter, telur  ayam ras  Rp28.000/kg, bawang merah Rp32.000/kg, dan bawang   putih Rp28.000/kg. 

Sedangkan  untuk  komoditas cabai merah keriting Rp45.000/kg, cabai merah besar Rp45.000/kg, dan cabai rawit merah Rp70.000/kg. 

“Setelah melakukan pengecekan langsung, terdapat komoditas cabai yang harganya sedang tinggi. Hal ini karena sering terjadinya gagal panen di musim hujan seperti saat ini. Meskipun harga cabai naik, namun masih dalam batas toleransi. Untuk membantu menekan harga, langkah yang akan diambil yaitu Pemerintah Daerah akan memberikan subsidi ongkos kirimnya. Setiap hari saya ke pasar supaya bisa mengambillangkah-langkah yang  perlu  dilakukan.  Hal  ini  dilakukan  agar  Ibu-ibu tidak menjerit dengan kenaikan harga bapok,” jelas Mendag Zulkifli Hasan.

Sementara  itu, Mendag  Zulkifli  Hasan menambahkan,  untuk  harga  kedelai  yang  juga  sedang  tinggi,  saat  ini Kemendag  sudah  menugaskan  Bulog  untuk  melakukan  impor. 

“Saya akan mengecek lebih  lanjut  ke  Bulog untuk memastikan kelancaran impor kedelai tersebut,” pungkas Mendag Zulkifli Hasan. (*)


(Lampung)


Belum ada Komentar untuk "Awal Tahun 2023, Mendag Pastikan Harga Bapok Terpantau Stabil dan Stok Aman"

Posting Komentar

Daerah Diminta Jangan Terlena Meski Inflasi Nasional Terkendali

Lensamedan - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengingatkan pemerintah daerah (Pemda) agar tidak terlena meski inflasi...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel