Tinjau Program PKK di Bagelen, Nawal Lubis Ingatkan Pentingnya Tertib Administrasi PKK


Lensamedan - Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Sumut Nawal Lubis meninjau program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kelurahan Bagelen, Kota Tebingtinggi, Jumat (11/11/2022).

Pada kesempatan itu, ia mengingatkan tentang pentingnya tertib administrasi dalam memperkuat peran PKK di tengah masyarakat dan sinergi dengan pemerintah daerah.

“Apabila administrasi kita tertib, semua data pasti bagus, adanya data-data terkait program pemberdayaan kesejahetraan keluarga sangat membantu pemerintah mulai dari desa, kabupaten/kota, hingga provinsi dalam memberikan acuan dalam menentukan kebijakannya,” kata Nawal Lubis saat melakukan evaluasi tertib adminsitrasi PKK dalam rangka lomba Hari Kesatuan Gerak PKK Sumut 2022 di Kantor Lurah Bagelen, Kecamatan Padang Hilir, Kota Tebingtinggi. 

Diketahui, Kelurahan Bagelen, Kota Tebingtinggi, masuk nominasi delapan besar kategori kelurahan tertib Adminsitrasi PKK dalam rangka lomba Hari Kesatuan Gerak PKK Provinsi Sumut 2022. 

Menurut Nawal, masih banyak PKK kelurahan dan desa yang belum tertib administrasinya. Padahal jika sudah tertib administrasi, kasus-kasus seperti kematian ibu dan anak bisa dicegah. Dari administrasi PKK, dapat diketahui jumlah ibu hamil, kelahiran bayi, kematian ibu hamil dan lainnya. 

“Dari data itu, kita bisa memantau dan membantu warga kita, alangkah enaknya kalau adminsitrasi sudah tertib, kita sebagai warga pun tidak susah lagi, data sudah ada, desa bisa menjadi desa yang makmur dan sejahtera,” kata Nawal.

Selain itu, Nawal juga berpesan pada kader PKK Tebingtinggi agar bisa mencegah kekerasan seksual maupun rumah tangga. Dengan cara memberi pemahaman kepada masyarakat untuk tidak malu mengadu atau melaporkan, apabila terjadi kekerasan rumah tangga maupun seksual pada anak-anak. 

Menurutnya, banyak kasus yang tidak terlihat lantaran para korban malu melapor. Padahal apabila melapor, korban akan mendapat pendampingan dari aparat hukum dan pemerintah langsung.

”Apabila ada kekerasan, saya berharap ibu-ibu tidak malu mengadu, jangan biarkan kekerasan itu terus berlanjut, karena saya banyak temui ini selalu disembunyikan karena malu, akhirnya kekerasan terus berlanjut,” kata Nawal. 

Nawal juga meminta kader PKK untuk terus aktif mengajak masyarakat rajin ke Posyandu. Dengan begitu anak-anak akan terhindar dari penyakit-penyakit seperti polio dan lainnya. 

Pada kesempatan tersebut, Nawal menyerahkan paket sembako secara simbolis kepada masyarakat Kota Tebingtinggi. Serta menyerahkan bantuan buku kepada Ketua TP PKK Kota Tebingtinggi Harliaminda Dimiyathi.

Pj Walikota Tebingtinggi Muhammad Dimiyathi mengungkapkan, selama ini kegiatan Pemerintah Kota Tebingtinggi sangat banyak mendapat dukungan dari PKK. “Dari 10 program pokok PKK sudah mencakup 30 OPD di tingkat kota,” katanya. (*)


(Tebingtinggi) 


Belum ada Komentar untuk "Tinjau Program PKK di Bagelen, Nawal Lubis Ingatkan Pentingnya Tertib Administrasi PKK"

Posting Komentar

Nurni Sulaiman, Taekwondoin Perempuan Pertama di Sumut Pemegang DAN V Internasional

 Lensamedan - Ketua Pengprov Taekwondo Indonesia (TI) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah, mengapresiasi prestasi Nurni Sulaiman sebagai s...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel