SAC Sumut 2022 Jadi yang Terbesar di Indonesia


Lensamedan - Student Athletic Championship (SAC) Sumatera Utara (Sumut) 2022 menjadi yang terbesar di sembilan regional. Jumlah peserta mencapai 5.490 orang dari 400 sekolah yang tersebar di seluruh Sumut, mengalahkan regional Jawa Timur yang mencatatkan 4.076 peserta.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi berharap ini menjadi tanda provinsi yang dipimpinnya menjadi motor atletik nasional. Salah satu syaratnya, menurut Edy Rahmayadi, pembinaan dan pencarian bibit dari usia sedini mungkin.

“Di tahun 80-an kita pernah jaya di bidang atletik, tetapi semakin kemari semakin menurun, karena kurangnya perhatian masyarakat kita pada cabang ini, dan sekarang SAC Sumut menjadi yang terbesar di 9 regional kompetisi ini. Saya ingin Sumut jadi motor atletik Indonesia,” kata Edy Rahmayadi, usai membuka secara resmi SAC Sumut 2022 di Stadion Unimed, Deliserdang, Jumat (11/11/2022).

Edy Rahmayadi mengatakan, SAC salah satu kompetisi menyaring atlet cabang olahraga (cabor) atletik untuk PON. Sedangkan untuk jangka panjangnya, untuk mencetak atlet-atlet cabor atletik yang berkualitas.

“Jangka pendeknya untuk menyaring atlet jelang PON 2024, saya tidak mau mengambil atlet-atlet dari luar karena saya percaya masyarakat kita mampu, apalagi menggunakan atlet karbitan. Jangka panjangnya, anak-anak SD akan kita saring dan kita latih kita bina untuk menjadi atlet masa depan,” kata Edy Rahmayadi didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut Tuahta Ramajaya Saragih.

Ketua Umum Pengprov Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumut David Luther Lubis mengatakan 9 regional qualifier SAC antara lain Bali-Nusa Tenggara, Papua, Yogyakarta, Jawa Barat, Sumut, DKI Jakarta-Banten, Kalimantan, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Membludaknya jumlah peserta SAC Sumut 2022 menurut David karena kerinduan masyarakat akan kompetisi atletik.

“Kalau tidak kita batasi akan lebih banyak dari ini, ini menandakan rindunya masyarakat kita akan kompetisi atletik, kita harapkan dari sini lahir atlet-atlet super dari Sumut baik untuk jangka pendek dan juga jangka panjang,” kata David Luther Lubis.

Gelaran SAC Sumut memperlombakan lari jarak pendek 60 meter (SD), 80 meter (SMP) dan 100 meter (SMA). Kemudian estafet 8x50 meter (SD), 5 x 80 meter (SMP) dan 4x100 meter (SMA), ada juga lari jarak menengah 800 meter (SMP) dan 1000 meter (SMA).

Selain itu, juga dipertandingkan dua nomor lapangan yaitu lompat jauh dan tolak peluru tingkat SMP dan SMA. Sedangkan untuk SD juga diperlombakan Kids Atletik kanga’s escape dan juga formula one.

Pemenang dan peringkat kedua, menurut David, dari masing-masing regional akan kembali bersaing di Jakarta pada 9-11 Desember pada National Championship. Pemenangnya akan dikirim ke pusat pelatihan ke fasilitas sport science di Australia.

“Pemenang di sini akan kita bawa ke Jakarta dan pemenang di Jakarta akan berlatih di Australia,” kata David.

Ikut mendampingi Edy Rahmayadi membuka SAC Sumut 2022, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis, Plt Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas S Sitorus serta OPD terkait. Hadir juga pada acara pembukaan ini tokoh-tokoh olahraga Sumut serta tokoh masyarakat. (*)


(Deliserdang)


Belum ada Komentar untuk "SAC Sumut 2022 Jadi yang Terbesar di Indonesia"

Posting Komentar

Tunggak PBB, BPPRD Medan Pasang Stiker di Hotel Grand Jamee

Lensamedan - Pemko Medan melalui Badan Pengelola Pajak Retribusi Daerah (BPPRD) memasang spanduk dan stiker belum lunas PBB di bagian depan ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel