Pelindo Bangun Toilet dan Sarana Air Bersih di Desa Wisata Sigaol Simbolon


Lensamedan - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) hadir di Desa Wisata Sigaol Simbolon, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir, Rabu, (23/11/2022). 

Kehadiran Pelindo untuk mendukung program pengembangan Desa Wisata Sigaol Simbolon yang berbasis lingkungan (Eco Tourism). 

Adapun bentuk dukungan yang diberikan yakni pembangunan dua unit toilet premium dan satu unit sarana air bersih.

Program tersebut dianggap penting untuk meningkatkan fasilitas desa wisata dalam menarik minat wisatawan baik lokal maupun mancanegara. 

Hal itu disampaikan Division Head SDM Umum Pelindo Reg I, Kasih Dwiyanti yang diwakilkan Fadillah Hariyono, selaku Head Hukum, Humas, dan TJSL Pelindo Regional I, di sela acara peletakan batu pertama pembangunan toilet di Desa Wisata.

"Program ini menjadi bagian dalam tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) Pelindo yang menyentuh masyarakat secara langsung," ujar Fadillah.

"Kami berharap dukungan Pelindo di Desa Sigaol akan mengembangkan desa wisata di sini dan mampu menarik minat wisatawan khususnya mancanegara," ucapnya melanjutkan. 

Masih menurut Fadillah, kegiatan ini juga merupakan program tahap pertama yang rencananya akan dilanjutkan dengan berbagai program lainnya. 

"Ini juga melanjutkan program eks Pelindo 1 pasca merger yang pernah membuat program lingkungan di Kaldera Danau Toba," katanya. 

Ke depan sambung Fadillah, Pelindo juga akan melaksanan shelter pembibitan pohon di Kaldera yang akan dilakukan di 8 kecamatan dengan total 120 ribu batang pohon. 

"Ada delapan kecamatan nantinya yang akan ditanami bibit pohon, yakni Kecamatan Harian, Sianjur Mula-Mula, Sitio-Tio, Siwanindu, Onan Runggu, Palipi, Ronggur Nihota dan Naingolan," ujarnya lagi. 

Dalam kesempatan yang sama, Kadis Pariwisata Kabupaten Samosir, Tetti Nasibaho menilai kehadiran Pelindo sebagai titik awal yang luar biasa di desa wisata Sigaol Simbolon. 

"Desa ini salah satu dari 54 desa wisata di Samosir. Dengan adanya Pelindo, impian mengembangkan Desa Wisata di Sigaol Simbolon tak hanya sebatas mimpi dan wacana, namun juga hadirnya realisasi," ujarnya.  

"Samosir merupakan salah satu destinasi wisata superioritas di Indonesia dan dengan Program Pelindo diharapkan bisa membawa berkah bagi warga Samosir," tuturnya melanjutkan. 

Salah satu warga Desa Wisata, Boslin Simbolon, tak mampu menyimpan rasa bahagianya. 

"Doa dan harapan kami akan menjadi penyemangat untuk ikut menggeliatkan Desa Wisata. Kami tambah semangat dengan hadirnya Pelindo di sini," ujarnya.  

Doa itu pun diamini Ketua Kelompok Sadar Wisata Sigaol Simbolon, Goksan Simbolon.  

"Tentu sangat terkesan, karena ini pertama sejak dikukuhkan sebagai Desa Wisata Sigaol Simbolon. Terima kasih buat Pelindo yang sudah memberi perhatian. Mohon ini menjadi awal kebersamaan kita membangun desa ini lebih berkembang di bidang pariwisata," ucapnya melanjutkan. 

Selain peletakan batu pertama, kegiatan itu juga turut diselingi dengan kegiatan penanaman pohon endemik yang diinisiasi oleh Founder Khadijah Sharaswaty Indonesia (KSI), Dewi Natadiningrat. (*)


(Samosir) 


Belum ada Komentar untuk " Pelindo Bangun Toilet dan Sarana Air Bersih di Desa Wisata Sigaol Simbolon"

Posting Komentar

Pasar Modal Syariah, Investasi Berbasis ‘Fikih Muamalah’

Lensamedan - Salah satu sistem ekonomi yang digunakan di dunia adalah ekonomi syariah. Walaupun berlandaskan pada hukum Islam, tidak berarti...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel