Mudah, Cepat dan Aman, Dirut PUD Pasar Dorong Pedagang Gunakan Pembayaran Non-Tunai

Lensamedan - Sebagai tindak lanjut arahan Wali Kota Medan Bobby Nasution agar pemanfaatan digitalisasi dapat dirasakan para pedagang, Dirut PUD Pasar Medan Suwarno berharap agar para pedagang di pasar tradisioal di Kota Medan dapat beradaptasi dengan mulai menggunakan pembayatan non tunai. Selain mempermudah dan mempercepat dilakukannya transaksi jual beli, pembayaran non tunai juga terjaga keamananya.

Harapan ini disampaikan Suwarno pada kegiatan Kampanye Belanja Bijak dengan QRIS: Pengendalian Inflasi Menjelang HBKN Natal dan Tahun Baru 2023serta Edukasi Keuangan Digital yang diadakan di Pasar Sukaramai, Kamis (10/11/2022).

“Berdasarkan arahan dari Wali Kota Medan Bobby Nasution, pemanfaatan digitalisasi harus dirasakan oleh pedagang. Untuk itu kami mengucapkan  terima kasih kepada Bank Indonesia Perwakilan Sumut dan perbankan atas kolaborasi yang dibangun dalam mengembangkan digitalisasi, termasuk pembayaran non-tunai,” kata Suwarno.

Di hadapan Area Head Bank Mandiri Kota Medan M Afriazi, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumut Azka Subhan, Dirkeu/Adm PUD Pasar Medan Fernando Napitupulu, dan Dirbang/SDM Imam Abdul Hadi, Suwarno menjelaskan, pihaknya melalui para kepala pasar terus mensosialisasikan dan mengedukasi kepada para pedagang agar mulai memakai pembayaran non-tunai.

"Pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia tentunya untuk mempermudah proses transaksi, mempercepat dan terjaga keamanannya. Kalau dulu dompet  ketinggalan, kita kebingungan karena uang di situ, nah sekarang ini kan berbeda. Kalau HP ketinggalan kita cemas karena di situ ada juga akun yang kita pakai untuk pembayaran non-tunai. Saya mengajak kepada rekan-rekan pedagang untuk mulai menggunakan metode pembayaran ini," sebut Suwarno.

Sementara itu Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumut  Azka Subhan menyampaikan terima kasih kepada Pemko Medan melalui PUD Pasar Medan karena telah ikut membantu program dari Bank Indonesia. Dikatakannya, tidak mudah untuk meyakinkan masyarakat menggunakan pembayaran non-tunai lantaran ini merupakan sesuatu yang baru.

Meski demikian kata Azka,  Bank Indonesia Siap berkolaborasi, salah satunya dengan PUD Pasar untuk terus mengenalkan metode pembayaran ini kepada masyarakat.  “Kami berharap agar transaksi pembayaran non-tunai menggunakan QRIS dapat lebih meningkat di masyarakat maupun pedagang,” harap Azka seraya mengingatkan agar melakukan belanja bijak menjelang hari besar keagamaan untuk mengendalikan inflasi.

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Mudah, Cepat dan Aman, Dirut PUD Pasar Dorong Pedagang Gunakan Pembayaran Non-Tunai"

Posting Komentar

Wapres Tekankan Pentingnya Akses Layanan Kesehatan Keluarga

Lensamedan - Pencegahan stunting harus dimulai sejak dini pada tingkat keluarga dengan memastikan pemenuhan gizi dan standar hidup sehat bag...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel