Prioritaskan Kemitraan Kehutanan, TPL Lakukan Kerja Sama dengan 13 KTH


Lensamedan - Direktur Perseroan PT Toba Pulp Lestari (TPL), Jandres Silalahi,  memastikan kegiatan operasional perusahaan dalam pengelolaan kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI) yang berada di kawasan hutan negara harus disertai dengan komitmen untuk mengedepankan sistem pengelolaan berkelanjutan. Hal ini menjadi implementasi dari Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Salah satu bentuk implementasi dari pengelolaan berkelanjutan yang diterapkan perusahaan yakni dengan program pemberdayaan masyarakat melalui penyaluran dana CSR dan kerjasama kemitraan kehutanan.

"Ada beberapa kejasama yang kami lakukan diantaranya program Tanaman Kehidupan, tumpang sari, pengelolaan hutan bersama masyarajat (PHBM) dan kerjasama hasil hutan bukan kayu (HHBK)," kata Janres dalam pertemuan dengan jurnalis di Kota Medan, Jumat (21/10/2022).

Jandres memastikan bahwa perusahaan mereka senantiasa mendorong keterlibatan seluruh lapisan masyarakat dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang terjadi. Saat ini tercatat ada 13 kelompok tani hutan (KTH), 2 koperasi dan 1 kelompok tani yang menjadi mitra mereka.

"Ada 893 kepala keluarga yang tersebar di Kabupaten Toba, Tapanuli Utaa, Hunbang Hasundutan dan Simalungun yang sudah menjadi mitra kami," sebutnya.

Berbagai kemitraan ini berlangsung dalam program penanaman hasil hutan bukan kayu (HHBK) seluas 1.753 Ha, tumpang sari dan UMKM.

“Dan kami mengutamakan tanaman endemik, di samping tanaman yang menghasilkan buah-buahan, sehingga masyarakat mendapatkan penghasilan tambahan,” ujarnya.

Dalam upaya ini, mereka bekerjasama dalam penanaman Eucalyptus dengan sistem bagi hasil seluas 12.755 Ha yang dikerjasamakan dengan 2.824 KK. Total tenaga kerja yang dilibatkan mencapai 7.726 orang.

"Perseroan mengharapkan program kemitraan ini dapat mendukung program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, terutama yang tinggal di kawasan operasional perseroan," tutupnya. (*)


(Medan) 


Belum ada Komentar untuk "Prioritaskan Kemitraan Kehutanan, TPL Lakukan Kerja Sama dengan 13 KTH"

Posting Komentar

Presiden Jokowi: Pertumbuhan Ekonomi Triwulan I 2024 Tumbuhkan Optimisme

  Lensamedan - Presiden Joko Widodo menyampaikan optimisme terhadap kondisi ekonomi nasional yang mencatat pertumbuhan sebesar 5,11% pada tr...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel