Kasus Ginjal Akut di Sumut, 6 Anak Meninggal Dunia

Lensamedan -  Penyakit ginjal akut yang menyerang anak-anak sudah mulai masuk ke Sumatera Utara (Sumut). Sebanyak 6 anak disebutkan meninggal dunia setelah sempat menjalani perawatan intensif di rumah sakit. 

Dokter Spesialis Anak Konsultan Nefrologi RSUP Haji Adam Malik Medan, dr Rosmayanti Syafriani Siregar MKed(Ped) SpA(K), mengatakan, kasus ginjal akut yang ditangani RSUP Haji Adam Malik sejak bulan Juli sampai Oktober ini ada 7 kasus yang ditangani. Dari 7 kasus itu, 6 kasus tidak bisa diselamatkan meninggal.

“Sementara 1 kasus berhasil ditangani dan pasien sudah sehat," kata dr Rosmayanti Syafriani Siregar MKed(Ped) SpA(K) saat memberikan keterangan pers, Selasa (18/10/2022).

Rosmayanti menerangkan, anak-anak yang meninggal akibat gagal ginjal akut tersebut berusia 1-5 tahun, yang berasal dari Medan dan beberapa kabupaten/kota di Sumut.

"Kasus terakhir ditangani terhadap anak usia 2 tahun asal Medan. Kita sudah lakukan tindakan sesuai dengan prosedur Kemenkes terkait pasien dengan gejala ginjal akut," sebut Rosmayanti didampingi Dr dr Oke Rina Ramayani SpA(K) dan Koordinator Substansi Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUP H. Adam Malik dr Maliana MKes.

Ditambahkannya, faktor utama penyebab ginjal akut yang menyerang pada anak belum bisa dipastikan, apakah faktor dari makanan atau yang lain.

"Sampai saat ini kita pun belum bisa atau belum dapat menentukan penyebab utama penyakit tersebut. Akan tetapi, yang jelas pasien dengan yang mengalami penyakit itu datang dengan kondisi perburukan yang cepat sekali," pungkasnya.  (*)


(Medan) 


Belum ada Komentar untuk "Kasus Ginjal Akut di Sumut, 6 Anak Meninggal Dunia "

Posting Komentar

Tunggak PBB, BPPRD Medan Pasang Stiker di Hotel Grand Jamee

Lensamedan - Pemko Medan melalui Badan Pengelola Pajak Retribusi Daerah (BPPRD) memasang spanduk dan stiker belum lunas PBB di bagian depan ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel