Audiensi Panitia Seminar Wartawan Ramah Anak, Bupati Deli Serdang Ingatkan Ini

Lensamedan - Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan menerima audiensi Panitia Seminar Sehari Wartawan Ramah Anak Kabupaten Deli Serdang, kolaborasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) di ruang kerjanya, Selasa (18/10/2022).

Didampingi Kepala Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (Kominfostan) Miska Gewasari, Kadis Kesehatan dr Ade Budi Krista, Kadis P3AP2KB Era Permata Sari dan Kepala Bagian Umum Setdakab Deli Serdang Wagino Sajali, Bupati menyampaikan apresiasinya dan mendukung penuh rencana kegiatan tersebut.

Menurutnya, Seminar Sehari Wartawan Ramah Anak Kabupaten Deli Serdang itu merupakan bagian edukasi positif untuk melindungi anak.

Isu perlindungan anak selalu menjadi perhatian dan komitmen serta menjadi diskusi penting. “Karena itu, program yang digulirkan dalam upaya untuk memastikan anak-anak Deliserdang terlindungi. Termasuk dari fakta hari ini pemberitaan harus menjadi perhatian bersama,” ucap Bupati.

Kritik positif turut disampaikan Bupati terkait pemberitaan terhadap anak yang mungkin berawal dari sebuah empati, tapi justru menjadi permasalahan baru berdampak terhadap anak itu sendiri.

Seperti, pemberitaan secara jelas nama, identitas bahkan alamatnya sehingga justru menjadi permasalahan baru.

Bupati juga menyinggung “Badnews is goodnews” (berita buruk berita baik) yang selalu menjadi idiom dalam pemberitaan. Idiom ini perlu dikaji karena faktanya tidak semua berita buruk adalah berita baik bila dampaknya justru menimbulkan masalah baru terutama terhadap anak.

“Intinya saya berterima kasih dan mendukung sepenuhnya kegiatan ini. Harapan saya, dengan pemahaman bersama. Bagaimana apa yang kita inginkan anak Deli Serdang lebih bahagia,” tandas Bupati.

Sebelumnya Ketua PWI Deli Serdang Lisbon Situmorang memaparkan kegiatan seminar sehari wartawan ramah anak tersebut akan digelar 26 Oktober 2022 mendatang sebagai bentuk partisipasi kedua organisasi dalam mendukung visi pembangunan Deli Serdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakat yang religius dan rukun dalam kebhinekaan.

“Ini program kolaborasi PWI bersama Komnas PA sekaligus menyahuti harapan Bapak Bupati saat konferensi lalu dan ini juga kontribusi dalam mendukung percepatan Deli Serdang Kabupaten Layak Anak,” terangnya.

Ditambahkan Ketua Komnas PA Deli Serdang Junaidi Malik, dalam konteks perlindungan anak wawasan wartawan yang ramah anak dalam pemberitaan menjadi bagian penting dari praktik melindungi anak.

Fakta ini sejalan dengan apa yang disampaikan Bupati Deli Serdang, masih banyak pemberitaan wartawan terkait anak, tidak melindungi identitas anak khususnya korban kekerasan.

“Karena itu, kita berharap melalui seminar yang kita laksanakan, teman-teman wartawan di Deli Serdang bisa lebih ramah anak dalam pemberitaan mereka sekaligus melindungi anak,” ucapnya.

Sementara Ketua Panitia Seminar Sehari, Amirul Khair memaparkan kegiatan itu hanya bisa mengakomodir dan memfasilitasi maksimal 70 wartawan yang bertugas di wilayah Kabupaten Deli Serdang demi efektivitas serta jangkauan yang bisa difasilitasi kepanitiaan.

“Untuk efektivitas kegiatan serta jangkauan yang bisa difasilitasi pihak panitia, hanya 70 wartawan saja yang bisa ikut. Diharapkan, virus wartawan yang ikut seminar bisa ditularkan kepada wartawan lainnya,” ungkap Amirul.

Amirul yang juga Wakil Ketua PWI dan Sekretaris Komnas PA Deli Serdang sangat mengharapkan dukungan zahir juga batin dari Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan sembari memaparkan kesiapan teknis kegiatan.

Turut ikut serta dalam audensi itu Penasehat H Muhammad Husni Siregar, Sekretaris PWI Deliserdang Edward Limbong dan Wakil Ketua Panitia Seminar Sehari Muhammad Habil Syah.

(Deli Serdang)

Belum ada Komentar untuk "Audiensi Panitia Seminar Wartawan Ramah Anak, Bupati Deli Serdang Ingatkan Ini"

Posting Komentar

Bersama Mahasiswa Magang, Lapas Medan Tingkatkan Program Rehabilitas Sosial Bagi WBP

LensaMedan - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medan terus berupaya meningkatkan program rehabilitasi di Lapas Kelas I Medan. Kali ini,...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel