Gelar Sayembara Desain Logo, Maskot, Tagline dan Lagu Tema PON XXI, Pemprov Sumut-Aceh Siapkan Hadiah Rp120 Juta


Lensamedan - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh menggelar sayembara logo, maskot, tagline dan lagu tema Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 Aceh - Sumut. Total hadiah sayembara tersebut sebesar Rp120 juta.

Adapun rincian hadiah sayembara yang terbuka untuk umum ini antara lain, untuk desain logo PON Sumut - Aceh berhadiah  uang tunai Rp30 juta, desain tagline PON Sumut-Aceh berhadiah Rp10 juta, lagu tema PON Sumut - Aceh berhadiah Rp50 juta. Ada pun desain maskot PON khusus untuk wilayah Sumut berhadiah Rp30 juta. 

"Karena dua penyelenggara di dua daerah, maka spesial untuk maskot diadakan masing-masing untuk daerah, karena dua daerah memiliki karakteristik daerah masing-masing, makanya maskot kita bedakan, jadi Sumut dan Aceh melaksanakan sendiri," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Tuahta Saragih pada konferensi pers sayembara logo, maskot, tagline dan lagu tema di Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut, Jalan Willem Iskandar, Deliserdang, Jumat (9/9/2022). 

Mengenai maskot, Tuahta menjelaskan, pihaknya membebaskan apapun bentuknya namun masih sesuai dengan keunikan daerah Sumut. "Sesuai dengan keunikan ataupun kultural daerah itu sendiri, kami akan menerima berbagai macam bentuk apakah itu hewan atau orang, " ucap Tuahta. 

Untuk pendaftaran peserta dan pengumpulan karya logo, maskot dan tagline dimulai 9 September hingga 3 Oktober 2022. Pengumuman pemenang akan dilakukan 12 Oktober 2022. Sementara pengumpulan karya lagu tema dimulai 14 Oktober hingga 10 November 2022. Untuk pengumuman pemenang lagu tema dilakukan 14 November 2022.

"Kami mengajak seluruh masyarakat menuangkan kreativitas di bidang visual maupun seni budaya mengikuti sayembara ini," kata Tuahta. 

Setelah terpilih, logo, maskot, tagline dan lagu tema akan disosialisasikan ke seluruh Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut mengenai sayembara bisa mengunjungi dispora.sumutprov.go.id.

"Setelah logo, maskot, tagline dan lagu tema terpilih akan kita promosikan ke 33 kabupaten/kota Sumut dan seluruh Indonesia agar seluruhnya mengetahui pelaksanaan PON telah memiliki logo, maskot, tagline dan lagu tema, " ujar Tuahta. 

Disampaikan juga, terkait juri sayembara berjumlah sembilan orang yang terdiri dari akademisi, hingga pelaku desain grafis dan seni musik. Ia menjamin dewan juri objektif dalam menilai hasil karya tersebut. (*)


(Deliserdang)


Belum ada Komentar untuk "Gelar Sayembara Desain Logo, Maskot, Tagline dan Lagu Tema PON XXI, Pemprov Sumut-Aceh Siapkan Hadiah Rp120 Juta"

Posting Komentar

Tarif Parkir Sepeda Motor Mahal, Pengunjung Grand City Hall Minta Ada Perubahan Kebijakan

Lensamedan - Sejumlah wartawan yang melakukan peliputan di Hotel Grand City Hall merasa keberatan atas tarif yang dikenakan untuk sepeda mot...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel