Balai Besar KSDA Sumatera Utara Terima Satu Individu Orangutan Sumatera dari Yogyakarta


Lensamedan - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara (Sumut) menerima kedatangan 1 individu Orangutan Sumatera (Pongo abelii) jantan, dari Yogyakarta, Kamis (25/8/2022).

Kedatangan ini disambut langsung Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Rudianto Saragih Napitu, Kepala Karantina Pertanian Medan, Lenny Harahap, pejabat maskapai penerbangan Garuda, Kepala Bidang Teknis Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Ir. Irzal Azhar.

Dalam penjelasannya, Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Brau Kalimantan Timur, Balai KSDA Kalimantan Timur, Dheny Mardiono, yang ikut mendampingi kedatangan orangutan, menyebutkan bahwa satwa tersebut merupakan penyerahan dari Balai Besar KSDA Jawa Timur untuk dirawat dan direhabilitasi di Balai KSDA Kalimantan Timur.

Namun setelah melalui tes DNA ternyata diketahui bahwa orangutan tersebut merupakan jenis Orangutan Sumatera (Pongo abelii), sehingga direkomendasikan di pulangkan ke Sumatera, dalam hal ini Sumut.

Dalam proses pemulangan, orangutan sempat transit di Wildlife Rescue Centre (WRC) Yogyakarya sebelum melanjutkan perjalanan ke Bandara Internasional Kuala Namu.

Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara (Sumut), Rudianto dalam keterangan resmi yang diterima Jumat (26/8/2022) menyampaikan bahwa penanganan orangutan tersebut telah memenuhi SOP Translokasi Tumbuhan dan Satwa Liar (TSL) sesuai dengan Surat Edaran Direktur Jenderal KSDAE Nomor : SE.4/KSDAE/KKH/KSA/4/2020 tanggal 9 April 2020 tentang Panduan Teknis Pencegahan Covid-19 Pada Manusia dan Satwa Liar, serta telah memperhatikan kesehatan manusia maupun kesejahteraan satwa dalam rangka One Health serta Animal Walfare.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk turut serta berpartisipasi menjaga orangutan agar hidup sejahtera di hutan dengan tidak memeliharanya, menjaga habitat orangutan dan aktif melakukan pelestarian orangutan, seperti tema peringatan Hari Orangutan Sedunia tahun ini Orangutan Hidupnya di Hutan,’, ujar Rudianto Saragih Napitu.

Orangutan yang berusia 10 tahun ini kemudian dievakuasi ke Pusat Karantina dan Rehabilitasi Orangutan Sumatera di Batu Mbelin, yang dikelola oleh Yayasan Ekosistem Lestari (YEL)-SOCP, untuk dirawat dan direhabilitasi sebelum nantinya siap  dilepasliarkan ke habitat alaminya. (*)

 

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Balai Besar KSDA Sumatera Utara Terima Satu Individu Orangutan Sumatera dari Yogyakarta"

Posting Komentar

Pj Gubernur Sumut Harapkan Partisipasi Masyarakat di Pilkada Bisa Ditingkatkan

Lensamedan – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Hassanudin, berharap partisipasi masyarakat meningkat pada Pemilihan Kepala Daer...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel