Presiden Resmikan Revitalisasi Lapangan Merdeka Medan


Lensamedan - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) didampingi Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi secara langsung meresmikan dimulainya Proyek Revitalisasi Lapangan Merdeka Medan, yang ditandai dengan peletakan batu pertama, Kamis (7/7/2022).

Edy Rahmayadi yang selama ini telah lama mendorong revitalisasi Lapangan Merdeka, akan terus mendukung proyek yang sangat dinantikan masyarakat tersebut, khususnya warga Kota Medan dan sekitarnya. 

"Inilah keinginan kita semua, keinginan banyak orang, Lapangan Merdeka harus Merdeka, harus kita lakukan, harus kita dukung semua," kata Edy Rahmayadi, usai peresmian.

Edy juga menyampaikan kepada Presiden bahwa Lapangan Merdeka digunakan untuk terakhir kalinya pada Harganas 2022 tahun ini. Momen ini sangat bersejarah bagi Lapangan Merdeka, apalagi peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Presiden langsung. Selanjutnya Lapangan Merdeka akan dipugar sebagai cagar budaya.

"Kita harap, ini dapat selesai seperti yang kita harapkan, sesuai cagar budaya apa yang kita inginkan, tidak ada lagi bangunan yang menghalangi orang melihat Lapangan Merdeka itu, " kata Edy.

Proyek pembangunan revitalisasi Lapangan Merdeka meliputi pembangunan alun-alun dan fasilitas pendukung, serta basemen. Selain situs sejarah, revitalisasi Lapangan Merdeka juga ditujukan untuk ruang terbuka hijau.

Di dalam rencana pembangunan yang tertera di maket, nantinya akan dibangun panggung rakyat, serta fasilitas penunjang. Seluruhnya menerapkan konsep pelestarian ruang kota bersejarah dengan rancangan yang kontemporer. Di maket tersebut tampak pula tempat pemberdayaan UMKM. Penataan kawasan Kota Lama Medan pun menjadi bagian revitalisasi tersebut.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, Kapolda Sumut RZ Panca Putra Simanjuntak, Pangdam I Bukit Barisan Achmad Daniel, Wali Kota Medan Bobby Nasution, bupati/walikota se-Sumut dan beberapa kepala daerah dari berbagai provinsi. (*)

(Medan)


Belum ada Komentar untuk "Presiden Resmikan Revitalisasi Lapangan Merdeka Medan "

Posting Komentar

Wujudkan Kepala Sekolah Berkompeten, Dinas Pendidikan Medan Gelar Assessment Bagi Calon Kepsek

Lensamedan - Guna mewujudkan Kepala Sekolah yang berkompeten, Pemko Medan melalui Dinas Pendidikan Kota Medan menggelar Assessment bagi calo...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel