Indonesia Retail Summit 2022, Mendag Zulhas: Ritel Tumbuh, Ekonomi Pulih


Lensamedan - Menteri  Perdagangan (Mendag), Zulkifli  Hasan,  menegaskan, sektor ritel  memiliki kontribusi penting dalam mendorong pemulihan konsumsi rumah tangga. Kontribusi para  peritel, termasuk yang berada di pusat perbelanjaan, dapat mendorong peningkatan konsumsi rumah tangga.  

Oleh karena itu, pemerintah akan terus mendorong bisnis ritel tetap tumbuh, khususnya dalam masa pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

Turut hadir dalam acara ini Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Henky Manurung, Ketua Umum Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah, serta Ketua Indonesia Retail Summit Anne Patricia Sutanto.

"Salah  satu  faktor  pendorong  pertumbuhan  ekonomi  Indonesia  adalah  konsumsi  rumah  tangga yang kontribusinya mencapai 53,65% terhadap  Produk Domestik Bruto (PDB) dan tumbuh 4,34% pada kuartal I 2022,“ terang Mendag Zulhas, dalam  acara  peluncuran Indonesia  Retail  Summit2022  yang digelar secara hibrida di Kantor Kemendag, Jakarta, pada hari ini, Kamis (14/7/2022).

Turut hadir dalam acara ini Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Henky Manurung, Ketua Umum Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah, serta Ketua Indonesia Retail Summit Anne Patricia Sutanto.

Mendag Zulhas mengungkapkan, acara Indonesia Retail Summit 2022 meliputi kegiatan Hari Belanja Diskon  Indonesia  (HBDI)  2022  dan Hari Retail Modern Indonesia  (HARMONI) 2022.  

Acara ini merupakan kesempatan emas bagi anggota Hippindo yang bergerak di sektor ritel, kuliner dan hiburan untuk dapat menggali potensi pasar secara global.

"Saya berharap acara ini dapat turut meningkatkan konsumsi domestik serta menciptakan peluang lebih  besar untuk perkembangan dan kemajuan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM),  para pelaku ekonomi kreatif, pusat perbelanjaan dan pelaku bisnis ritel di seluruh Indonesia. 

Di samping itu, dengan acara ini juga diharapkan dapat menarik wisatawan mancanegara sekaligus memperkenalkan kebudayaan Indonesia," jelas Mendag Zulhas.

Mendag Zulhas menambahkan, acara ini merupakan salah satu sarana mempromosikan produk-produk  dalam negeri, baik makanan, minuman, kerajinan maupun fesyen, baik untuk konsumen dalam negeri maupun pasar luar negeri. Tujuan akhirnya agar produk dalam negeri dapat bersaing di pasar global. 

“Indonesia Retail Summit 2022 juga dapat mendorong ekonomi kerakyatan dengan menggerakkan UKM sebagai suplayer di ritel luring maupun di platform lokapasar dan mendukung program Bangga Buatan Indonesia dengan belanja produk Indonesia," ujar Mendag Zulhas.

Sementara itu, Ketua Umum Hippindo, Budiharjdo, menyampaikan, acara Indonesia Retail Summit akan digelar pada 15—16 Agustus  2022.  Kegiatan dilaksanakan bertepatan dengan hari jadi Sarinah, pusat  perbelanjaan pertama di Indonesia dan juga Asia Tenggara. 

“Acara ini merupakan upaya nyata membantu pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19,” imbuhnya. (*)


(Jakarta)


Belum ada Komentar untuk "Indonesia Retail Summit 2022, Mendag Zulhas: Ritel Tumbuh, Ekonomi Pulih"

Posting Komentar

Hingga Maret 2024, Realisasi Pembiayaan Turun Drastis Dibanding Tahun Lalu

Lensamedan – Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan, hingga akhir Maret 2024  realisasi pembiayaan terealisasi Rp104,7 triliun. Realisasi...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel